Perbedaan penggunaa...
 

Perbedaan penggunaan 'despite' dan 'in spite of' beserta contohnya


Posts: 38
Topic starter
Joined: 3 years ago

Berikut ini adalah perbedaan penggunaan 'despite' dan 'in spite of' dalam kalimat bahasa Inggris.

a. Penerapan Despite

Kata penghubung lainnya adalah despite. Kata ini dipakai untuk menggambarkan dua hal yang kontras dalam suatu kalimat. Despite ini berfungsi sebagai preposisi yang dipakai untuk membandingkan dua hal. Despite ini kerap sekali dipakai dalam kalimat formal dan juga umum. Struktur kalimat dengan memakai kata despite ini biasanya diikuti dengan kata pronoun, benda, ataupun verb dengan tambahan –ing.

Contoh kalimat:

Ranny woke up early morning despite his boyfriend was calling her at midnight. (Ranny bangun tidur pagi sekali meskipun pacarnya menelponnya tadi malam.)

  • I want to go a drugstore despite it is raining. (Saya pergi ke apotek meskipun hari ini hujan.)
  • Despite having the sensitive teeth, Dinna love eating ice cream. (Meskipun memiliki gigi sensitif, Dinna suka makan es krim.)

Dari contoh kalimat di atas, bisa dilihat bahwa kata sambung despite bisa dipakai dalam banyak kalimat mulai di awal, tengah, ataupun akhir kalimat. Kata despite ini biasanya dipakai dan diikuti dengan realitas yang terjadi saat ini.

b. Penerapan In Spite Of

Kata ini mirip dengan despite. Kedua kata tersebut mempunyai arti meskipun. Konteks pengucapannya berbeda karena kata in spite of lebih tak formal dibandingkan dengan despite.

Contoh kalimat:

  • We went to the cinema in spite of the fact that we were so exhausted. (Kita pergi ke bioskop meskipun faktanya kita sangat haus.)
  • In spite of the fact that she studied so hard, she still didn’t pass the final examination. (Meskipun faktanya dia belajar keras, dia tetap tidak lulus ujian akhir.)