Mana yang benar, "t...
 

Mana yang benar, "thank a lot" atau "thanks a lot"?

1 Posts
1 Users
0 Likes
1 Views
ChatGPT Gratis, Tanpa Login Tanpa Daftar, 100% FREE to use, Unlimited
Tanya pertanyaan apapun

Bagikan:

nurul32
Posts: 50
Topic starter
(@nurul32)
Member
Joined: 2 years ago

Mana yang benar secara grammar, "thank a lot" atau "thanks a lot"?

Sering pembelajar bahasa Inggris dipusingkan dengan pertanyaan mana yang benar grammarnya, "thank a lot" atau "thanks a lot", dan menurut saya pertanyaan seperti itu sangat baik sebab dengan begitu kita dapat mempelajari grammar bahasa Inggris secara lebih mendalam lagi.

Frasa "thank a lot" dan "thanks a lot" biasanya digunakan dalam percakapan informal. Dalam percakapan formal atau resmi, maka kita biasanya mengucapkan "thank you very much" atau "I am greatly appreciative".

Frasa "thanks a lot" sebenarnya merupakan bentuk pendek dari "thank you a lot" dengan penghilangan kata "you". Pada frasa tersebut, kata "thanks" berfungsi sebagai verb atau kata kerja dan "a lot" berfungsi sebagai adverb of degree yang memodifikasi verb "thanks" yang mengindikasikan jumlah terima kasih. Makna dari frasa "thanks a lot" sama dengan frasa "I am giving a lot of thanks" atau "I am expressing a lot of gratitude".

Frasa "thank a lot" jarang sekali digunakan sehingga sering dianggap tidak benar grammarnya walaupun sebenarnya benar. Kata "thank" pada frasa itu berfungsi sebagai verb dan "lot" berfungsi sebagai noun karena object langsung dari verb "thank". "Lot" adalah singular, countable noun yang menyatakan jumlah tertentu yang spesifik. Orang lebih familiar dengan frasa "thanks a lot" karena sangat sering digunakan dan juga benar secara grammar.

Jadi kesimpulannya, baik "thank a lot" maupun "thanks a lot" keduanya sama-sama benar secara grammar, hanya saja, "thank a lot" jarang digunakan sehingga "dianggap" tidak benar.