Pengertian dan perb...
 

Pengertian dan perbedaan independent dan dependent clause beserta contohnya


Posts: 54
Topic starter
Joined: 2 years ago

Apa yang dimaksud dengan clause atau klausa dan bagaimana contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris?

Pengertian clause

Clause atau klausa adalah pengelompokan kata-kata dalam bahasa Inggris yang berisi subjek dan kata kerja. Clause atau klausa juga berarti penyusun dari kalimat. Clause atau klausa dalam bahasa inggris terbagi kedalam dua jenis, yaitu Independent and Dependent Clauses. Hal ini penting untuk tujuan pembentukan kalimat agar dapat mengenali Independent and Dependent Clauses.

Pengertian independent clauses

Independent clause atau klausa independen adalah kelompok kata yang berisi subjek dan kata kerja. Independent clause atau klausa independen juga berarti klausa yang mengungkapkan isi pikiran/ide dengan lengkap. Independent clause atau klausa independen dapat berfungsi sebagai kalimat. Klausa ini adalah klausa yang dapat berfungsi sendiri. Independent clause tidak perlu bergabung dengan klausa lainnya, karena mengandung semua informasi yang diperlukan untuk menjadi kalimat lengkap.

Ada tiga karakteristik atau komponen dari Independent clause atau klausa independen, yaitu:

  • A subject (subjek), It gives information on what the sentence is about. Dalam hal ini subjek berfungsi untuk memberikan informasi tentang apa kalimat tersebut.
  • An action or predicate (Sebuah tindakan atau predikat), It gives information on what the subject is doing. Dari arti an action or predicate itu sendiri, dapat kita pahami bahwa hal ini predikat berfungsi untuk memberikan informasi tentang apa yang subjek lakukan .
  • Conveys a complete thought (Menyampaikan isi pikiran/ide dengan lengkap), It gives information on what is happening in the sentence. Yang berarti memberikan informasi tentang apa yang terjadi dalam kalimat.

Contoh :

  • “ John went to buy supplies “ (John pergi untuk membeli perlengkapan). Contoh kalimat tersebut adalah Independent clause atau klausa independen. Dan jika diakhiri dengan “titik” maka menjadi sebuah kalimat.

Pengertian dependent clauses

Dependent clause atau klausa dependen adalah kelompok kata yang berisi subjek dan kata kerja tetapi dependent clause tidak bisa menjadi kalimat. Dependent clause juga tidak dapat mengungkapkan isi pikiran/ide dengan lengkap, dan dengan demikian dependent clause tidak dapat berfungsi sebagai kalimat.

Klausa ini biasanya ditandai dengan dependent marker words yaitu kata-kata penanda dependen. Ini adalah kata yang ditambahkan diawal Independent Clause atau klausa independen yang membuatnya menjadi Dependent Clause atau klausa dependen. Dependent clause berisikan dependent marker word berikut ini:

  • Marker Word (kata-kata penanda) seperti because (karena), after (setelah), before (sebelum) , since (sejak), in order to (agar), although (meskipun), though (meskipun/walau), whenever (kapanpun), wherever (dimanapun), whether (apakah), while (sementara), eventhough (meskipun), even if (bahkan jika/bahkan sekalipun), dan lain sebagainya.
  • Conjunction (kata hubung/sambung) seperti but (tapi), and (dan), or (atau), yet (belum), dan lain sebagainya.

Contoh:

  • “ When John went to buy supplies “ (ketika John pergi untuk membeli perlengkapan), contoh tersebut tidak bisa menjadi kalimat karena merupakan isi pikiran/ide yang tidak lengkap. Dalam kalimat ini, when berfungsi sebagai dependent marker word.
  • Meskipun demikian dependent clause atau klausa dependen perlu dikombinasikan dengan independent clause atau klausa independen untuk membentuk sebuah kalimat utuh. Contohnya, “ When John went to buy supplies, Rohan snuck in and stole the money “ (Ketika John pergi untuk membeli perlengkapan, Rohan menyelinap masuk dan mencuri uang). Dan contoh kalimat ini adalah kalimat utuh atau lengkap atau complete sentence.
Topic tags