Random Questions

'Is she American?'
'No, ____ .'
A.
B.
C.
D.
A JVC is ____ Japanese camera.
A.
B.
C.
D.

 




Pengertian clause b...
 

Pengertian clause bahasa Inggris dan contohnya  


Posts: 20
(@tania)
Eminent Member
Joined: 2 years ago

Apa itu clause?

Secara bahasa Clause berarti klausa (dalam kaidah bahasa Indonesia). Dalam kamus Oxford disebutkan bahwa clause merupakan ‘Group of words that contains a subject and a verb’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa clause merupakan kelompok kata yang terdiri dari subjek (subject) dan predikat (predicate) yang sesuai dengan tata bahasa (adanya finite verb). Clause dan phrase adalah dua hal yang berbeda, Sebab phrase merupakan kelompok kata yang dibenarkan (sesuai) dengan tata bahasa, namun tidak mengandung unsur subjek dan predikat (tidak mengandung unsur finite verb).

Coba bandingkan kedua contoh dibawah ini!

Two studied students Japanese have English and

Contoh diatas bukanlah phrase ataupun clause, karena kalimat diatas tidak sesuai dengan tata bahasa serta tidak dapat dipahami.

Two students have studied English and Japanese

Contoh kalimat diatas termasuk clause karena terdiri dari subjek ‘two students’ dan predikat ‘have studied English and Japanese’. Serta dapat dibenarkan secara tata bahasa. Sedangkan kelompok kata ‘two students’, ‘have studied’, dan ‘English and Japanese’ adalah Phrase karena tidak mengandung unsur subjek dan predikat, namun semua kelompok kata tersebut sesuai dengan tata bahasa.

Pada dasarnya clause terbagi atas dua jenis, yaitu clause yang mampu berdiri sendiri dan ada juga yang tidak bisa berdiri sendiri. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini.

Contoh:

  • You buy a car (main clause)
    Because you have much money (subordinate clause)
  • You bought a necklace (main clause)
    Because I like her (subordinate clause)

Contoh diatas merupakan clause, yang membedakannya adalah posisi mereka. Dimana kalimat ‘you buy a car’ merupakan Main clause, sedangkan kalimat ‘because you have much money’ merupakan subordinate clause. Kalimat pertama dikatakan main clause karena walaupun tanpa subordinate clause, kalimat tersebut sudah dapat dipahami. Sedangkan kalimat kedua, jika ia tidak memiliki main clause maka kalimat tersebut akan janggal.