Random Questions

When ____?
A.
B.
C.
I can't find my keys. I don't know where ____ are.
A.
B.
C.

 

Pengertian phrase d...
 

Pengertian phrase dalam pelajaran bahasa Inggris  


Posts: 20
(@tania)
Eminent Member
Joined: 2 years ago

Apa itu Phrase (frasa)?

Secara bahasa phrase berarti frasa. Dalam kamus Oxford dikatakan bahwa phrase adalah:

‘Short group of words or group of words without a verb that form part of a sentence’

Sehingga dapat disimpulkan bahwa phrase merupakan gabungan kata-kata yang terdiri dari dua kata atau lebih atau dapat dikatakan bahwa phrase merupakan gabungan dari beberapa kata yang didalamnya tidak mengandung unsur subjek maupun predikat. Phrase didalam sebuah kalimat mempunyai fungsi yang penting, yaitu untuk melengkapi informasi yang ada dalam sebuah kalimat. Perhatikan contoh phrase berikut ini.

Contoh:

  • Many papers on the broken chair are yours (Banyak kertas-kertas yang berada di atas kursi yang rusak itu adalah punyamu)
  • Five students in the headmaster room are eleventh grade of social (Lima murid yang berada di ruangan kepala sekolah adalah murid kelas sebelas IPS)
  • I have just helped a little boy a few minutes ago (Aku baru saja menolong seorang anak kecil beberapa menit yang lalu)

Dari beberapa contoh phrase (frasa) diatas, dapat disimpulkan bahwa kata the broken chair, the headmaster room, dan a little boy merupakan contoh phrase atau frasa, yang mana di dalam frasa tersebut tidak ditemukan adanya subjek maupun predikat. Seperti yang telah kita pelajari pada pembahasan sebelumnya bahwa suatu susunan kata akan dapat disebut sebagai sentence (kalimat) minimal haruslah mengandung unsur subjek dan predikat. Jadi dapat disimpulkan bahwa phrase bukanlah sentence, namun sentence terkadang mengandung phrase.