...

Cara membuat kata gerund menjadi subjective complement dan contohnya


Posts: 47
 Ambarwati
Topic starter
Member
Joined: 4 years ago

Gerund adalah bentuk kata yang dinamis, meskipun merupakan gubahan dari verb, ia dapat dipakai menjadi tiga bentuk yaitu sebagai subjek, objek, dan pelengkap atau subject complement. Yang dimaksud dengan gerund sebagai subject complement adalah gerund yang dipadankan dengan bentuk to be seperti is, am, are, dengan kata lain gerund sebagai subject complement lazim ditemukan dalam kalimat pasif.

Berikut merupakan contoh kalimat gerund sebagai kalimat subject complement.

Formula: S/pronoun + adverb + gerund + noun

  • The most important thing you must do today are cleaning the classroom – Hal terpenting yang harus kamu lakukan hari ini adalah membersihkan ruang kelas
  • You must know that her father is disliking the fact that you have a crush towards his daughter – Kamu harus tahu bahwa ayahnya sangat tidak senang bahwa kamu menaksir anaknya.
  • The trip to the Alpen’s mountain is mesmerizing me – perjalanan ke gunung Alpen sangat memesonaku
  • Siska’s main goal is winning the smartest student award this year – tujuan utama Siska adalah untuk memenangkan penghargaan siswa terpandai tahun ini.
  • Donald Trump is regretting his decision to deliberately shutdown the government function – Donald Trump menyesali keputusannya untuk sengaja menghentikan sementara fungsi pemerintahannya.