Daftar kosakata bah...
 

Daftar kosakata bahasa Inggris seputar trading saham

1 Posts
1 Users
0 Likes
1 Views
dafa
Posts: 52
 dafa
Topic starter
(@dafa)
Member
Joined: 3 years ago

Apa saja contoh kosakata atau vocabulary bahasa Inggris seputar trading saham?

Saham merupakan salah satu cara untuk berinvestasi janga panjang. Jika Anda berminat untuk berkecimpung di dunia jual beli saham atau stock (shares), maka Anda harus dapat menganalisa faktor ekonomi baik itu makro maupun mikro. Dalam jual beli saham di pasar (bursa) saham (stock market) ada banyak sekali kata dan istilah seputar saham. Apa saja?

Berikut ini contoh kosakata atau vocabulary bahasa Inggris mengenai istilah dalam dunia trading atau jual beli saham:

Kosakata tentang investasi

Artinya 

Broker 

Perusahaan sekuritas

Brokerage account

Akun pialang

Money market

Pasar uang

Share market

Pangsa pasar

Stock exchange

Bursa efek

Stock 

Saham 

Allotment 

Penjatahan 

Bid 

Penawaran 

Closed-End Investment Fund

Reksa dana tertutup

Current ratio

Rasio lancar 

Liquidity 

Likuiditas 

Trading volume

Volume perdagangan

Initial Public Offering (IPO)

Kondisi ketika perusahaan menjual sahamnya kepada masyarakat untuk pertama kali

Mutual funds

Reksadana 

Index 

Indeks 

Portofolio 

Portofolio 

Equity 

Ekuitas 

Fixed asset

Aktiva tetap

Closing price 

Harga penutupan

Individual license 

Ijin perseorangan 

Quotation 

Catatan harga efek

Underlying stock

Saham induk

Stock split 

Pemecahan saham

Suspend 

Suspensi 

Underwriter 

Penjamin emisi

Yield to maturity 

Hasil sampai jatuh tempo

Selain kata-kata di atas, masih ada banyak istilah lainnya sebagai berikut:

1. Investment (Investasi)

Investasi berarti penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek dengan tujuan memperoleh keuntungan. 

2. Assets (Aset)

Aset adalah istilah yang dipakai untuk menyebutkan seluruh harta kekayaan baik berwujud maupun tidak berwujud yang dimiliki seseorang. Hal apa pun yang kamu beli dengan harapan kamu akan bisa menghasilkan uang dari hal tersebut maka bisa disebut dengan aset.

3. Stock Market (Pasar saham)

Stock market atau pasar saham adalah istilah untuk tempat dimana para investor melakukan transaksi jual beli saham. Di indonesia, kegiatan jual beli saham dilakukan melalui Bursa Efek Indonesia (BEI). 

4. Principal (modal)

Istilah principal mengacu pada jumlah awal yang kamu bayarkan untuk sebuah investasi. Misalnya, jika kamu membayar 2 juta untuk sebuah saham, maka itulah principal atau modalnya.

5. Dividends (Dividen)

Dividen adalah pembayaran rutin dari pendapatan perusahaan yang diberikan kepada pemegang saham. Jumlah dividen yang diterima sesuai dengan saham yang dimiliki investor. Namun, tidak semua perusahaan pemilik saham membayar dividen kepada pemegang sahamnya. Hal ini bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

6. Bonds (Obligasi)

Obligasi adalah surat utang jangka menengah maupun jangka panjang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah yang dapat diperjualbelikan. 

7. Rate of return (Laju pengembalian)

Rate of return adalah istilah yang digunakan untuk menghitung keuntungan atau kerugian bersih dari investasi selama jangka waktu tertentu. Berapa banyak lama yang sudah kamu hasilkan dari suatu investasi, kemudian dinyatakan dalam bentuk persentase.

8. Lot

Lot adalah satuan jumlah yang digunakan saat kegiatan jual beli saham. 1 lot saham sama dengan 100 lembar saham. Satuan ini ditentukan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

9. Brokerage accounts (Akun pialang)

Brokerage account adalah istilah untuk rekening dimana investor dapat membeli dan menjual dan menahan saham. Akun pialang dapat menampung saham, obligasi, dana, dan investasi lainnya. Investor dapat menyimpan dana di akun ini dan kemudian menggunakannya untuk membeli dan menjual investasi.

10. Capital gains (Keuntungan modal)

Istilah capital gains digunakan untuk menunjukkan jumlah keuntungan seorang investor saat menjual kembali aset investasinya. 

11. Capital losses (Kerugian modal)

Istilah capital gains digunakan untuk menunjukkan jumlah kerugian seorang investor saat menjual kembali aset investasinya. 

12. Buying on margin

Buying on margin berarti meminjam uang atau saldo dari broker untuk membeli saham. 

13. Short sale (Penjualan singkat)

Short sale adalah kegiatan menjual saham tanpa memiliki saham perusahaan tersebut terlebih dahulu. Jenis transaksi ini dilakukan untuk mencari keuntungan saat harga saham turun.

14. Halt (penghentian)

Halt adalah istilah yang digunakan saat ada penghentian perdagangan saham di bursa secara keseluruhan selama 30 menit karena Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun dalam batas tertentu. Ketika terjadi penghentian di pasar saham, hal ini berarti saham suatu perusahaan tidak dapat dibeli atau dijual.

15. Expense ratio (Beban operasi)

Istilah expense ratio digunakan untuk membandingkan antara beban operasional pengelolaan dana investasi reksadana dalam satu tahun. Untuk mengelola investasi reksadana investor perlu membayar biaya tahunan atau expense ratio.

16. Retirement account (Rekening pensiun)

Rekening investasi yang bertujuan untuk membantu orang mempersiapkan dana untuk masa depan saat sudah tidak mampu atau ingin lagi untuk bekerja. Rekening ini biasanya digunakan untuk mempersiapkan dana pensiun.

Itu tadi contoh kosakata atau vocabulary bahasa Inggris tentang trading saham.

Topic tags