Contoh pertanyaan wawancara kerja bahasa Inggris dan cara menjawabnya


Posts: 40
Topic starter
Eminent member
Joined: 3 years ago

Berikut adalah contoh naskah interview atau wawancara kerja dalam bahasa Inggris beserta jawaban dan artinya.

Contoh pertanyaan wawancara bahasa Inggris:

Okay, now, please introduce yourself briefly? / Baiklah, sekarang tolong perkenalkan diri anda dengan singkat.

Pertanyaan di atas adalah pertanyaan dasar yang biasa digunakan dalam wawancara bahasa Inggris. Intinya kalian diminta untuk memperkenalkan diri dengan singkat. Namun, dalam menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya ada sesuatu yang bisa digali dan membawa kalian ke dalam pengenalan diri yang baik dan benar.

Contoh:

“My name is Nindi, I am twenty three years old. I have graduated from Binus University and majoring in computer technology. I can speak English very well, even I am not majoring in English Department and my activity right now is programming many things. Beside that, I am also being active in other activities that related to my education background as well”.

Kamu bisa memperkenalkan diri dengan sedikit menyambungkan dengan hal yang memang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar. Kamu juga bisa menambahkan beberapa keterampilan lain yang dibutuhkan.

What type of department do you apply and why you interested on it? / Jenis posisi apa yang anda lamar dan mengapa anda tertarik melamar posisi tersebut?

Setelah kamu memperkenalkan diri secara singkat, biasanya kamu akan ditanya seputar bagian apa yang ingin kamu lamar dan mengapa kamu tertarik dengan posisi tersebut. Pertanyaan ini digunakan untuk mencari tahu apa motivasi kamu tentang pekerjaan yang ingin kamu ambil tersebut. Hal ini juga digunakan untuk melihat keseriusan kamu dalam mengambil pekerjaan ini.

Contoh:

“I want to apply for the System Analyst Position, I feel interesting working in that position because this is my passion and I am love working with computers”.

Kamu harus bisa menjelaskan bagian apa yang ingin kamu lamar dan alasan yang membuat kamu tertarik untuk melamar posisi tersebut. Jangan lupa memberikan alasan pendukung yang akan membuat pewawancara semakin yakin bahwa kamu memang pantas untuk posisi tersebut.

Why did you leave your previous job? / mengapa anda meninggalkan pekerjaan lama anda?

Pertanyaan di atas juga sangat sering digunakan terlebih lagi jika kamu pernah bekerja di suatu pekerjaan. Pertanyaan tersebut berisi alasan mengapa kamu memilih keluar atau meninggalkan pekerjaan sebelumnya, pertanyaan ini juga ditujukan untuk mengetahui bagaimana sifat kamu dalam melakukan pekerjaan tersebut dan mencari alasan tepat untuk jawaban tersebut.

Contoh:

“I leave my previous job because I want to expand my experience and my skill.

Pertanyaan tersebut juga bisa menjadi jebakan tertentu, jangan sampai kamu memberik kesan jelek pada perusahan sebelumnya karena mereka pasti berpikir hal ini akan terjadi jika kamu suatu saat meninggalkan perusahan ini.

What if this new place feel the same as you ever did in your last office/ job? / bagaimana tempat baru ini rasanya sama seperti saat anda bekerja di kantor lama?

Pertanyaan ini sangat berkaitan dengan pernyataan di atasnya. Pertanyaan ini ingin mengetahui alasan kamu. Hati-hati karena pertanyaan ini juga sangat menjebak. Pastikan kamu menjawab pertanyaan sebelumnya tanpa menjelek-jelekkan suatu instansi atau perusahaan.

Contoh:

“Well, it’s all right for me because I think that it will be different with my last job, as I already mentioned before that I love to expand my skill”.

When were you most satisfied in your own work? / kapan anda merasa puas dengan pekerjaan anda sendiri?

Pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar passion kamu dalam bekerja.

Contoh:

“it’s when I can complete my job properly and on time, also when I get a job which is also related to my passion”


Semoga bermanfaat 🙂

Topic tags