...

Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris saat wawancara kerja dan melamar pekerjaan


Posts: 39
 alfin
Topic starter
Member
Joined: 4 years ago

Bagaimana contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris saat wawancara kerja dan melamar pekerjaan?

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan saat wawancara kerja adalah perkenalan diri dalam Bahasa Inggris. Jika melamar menjadi karyawan di perusahaan asing atau menjadi guru di sekolah internasional, tentu ada pertanyaan “Tell us about yourself!” saat melakukan job inteview.

Saya pernah menjalani beberapa tes wawancara kerja dan pernah juga mewawancarai pelamar kerja. Tentu sebagai pewawancara, saya nggak begitu suka mendengar cerita diri yang bertele-tele dan mengambil banyak waktu. Trus, apa saja yang mesti kamu sampaikan saat melakukan perkenalan saat wawancara kerja?

Menurut BigInterview.com dalam artikelnya yang berjudul HOW TO ANSWER: Tell Me About Yourself, ada 3 komponen yang harus ada dalam teks perkenalan saat wawancara yaitu:

  • Who you are yaitu siapa dirimu. Ceritakan tentang siapa kamu, tentunya berhubungan dengan profesimu ya.
  • Why you are qualified, Mengapa kamu memenuhi syarat. Beri sedikit ilustrasi penting tentang pekerjaanmu sebelumnya dan ceritakan apa yang membuatmu memenuhi kreteria untuk direkrut..
  • Why you are here yang mana kamu perlu memberi alasan mengapa kamu di sini. Hindari bergosip tentang kejelekan bos atau perusaahanmu terdahulu. Usahakan fokus pada hal yang bisa kamu berikan pada perusahaan yang kamu lamar.

Yuk simak 3 perkenalan dalam Bahasa Inggris di bawah ini saat wawancara kerja.

Perkenalan dalam Bahasa Inggris Ketika Wawancara Kerja Sebagai Guru

Hello, My name is Kaila. This month, I am 20 years old. I am a recent Indonesia MBA graduate and I have a strong background in teaching English for young learners. I am so passionate about teaching and dealing with young learners especially primary students age 6 to 12. While being a university student, I was working as a part-time teacher in a primary school. I enjoy teaching young learners because I want to help them to do anything themselves. Now I want to help children in this school to reach their potentials and that really excites me.

Artinya:

Halo, Nama saya Kaila. Bulan ini, berumur 20 tahun. Saya lulusan MBA Indonesia dan memiliki latar belakang yang kuat dalam mengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak. Saya sangat bersemangat untuk mengajar dan berurusan dengan anak-anak terutama siswa sekolah dasar usia 6 hingga 12 tahun. Saat menjadi mahasiswa, saya bekerja sebagai guru paruh waktu di sekolah dasar. Saya senang mengajar anak-anak karena ingin membantu mereka mampu melakukan apa saja sendiri. Sekarang ingin membantu anak-anak di sekolah ini untuk mencapai potensi mereka dan hal tersebut benar-benar membuat saya bersemangat.

Perkenalan dalam Bahasa Inggris Ketika Job Interview Sebagai Manager Front Office

I am Reza O’Clein from Singapore. I am 25 years old. I am an experienced front office manager who have worked at 4 star hotels for about six years. I started my carrier as a front office supervisor in 2010 and achieved awards as the best employee during two years. After serving guests professionally in some hotels, I got promoted to be a front office manager of Mercure Hotel and maintained a professional work environment, staff supervision, administrative support, and crisis handling. Having improved those technical and soft skills, I would like to implement them and contribute positively to this hotel, The Mulia Hotel.

Artinya:

Saya Reza O’Clein dari Singapura, umur 25 tahun. Saya seorang manajer front office berpengalaman yang telah bekerja di hotel bintang 4 selama sekitar enam tahun. Saya memulai karier sebagai supervisor front office pada tahun 2010 dan meraih penghargaan sebagai karyawan terbaik selama dua tahun. Setelah melayani tamu secara profesional di beberapa hotel, saya dipromosikan untuk menjadi manajer front office Mercure Hotel dan mempertahankan lingkungan kerja profesional, pengawasan staf, dukungan administratif, dan penanganan krisis. Setelah meningkatkan keterampilan teknis dan personal, saya ingin menerapkannya dan berkontribusi positif kepada hotel ini, The Mulia Hotel.

Perkenalan dalam Bahasa Inggris Ketika Job Interview Sebagai Akuntan

My name is Samasta Raya. I am from Java, Indonesia. I am 21 years old. I was graduated from University of Indonesia in 2017 and got my bachelor degree in Accounting after two years. While I was studying in the university, I was taking a job as an accountant in a finance company. I worked professionally and dealt with lots of accounting issues. There I implemented the theory I have learned in the class to the field and communicated with the clients to help them manage their finance. This is the time for me to take more challenging assignments and give positive contribution to FinanceCorp.

Artinya:

Nama Samasta Raya, dari Jawa-Indonesia. Saya berumur 21 tahun, lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2017, mendapat gelar sarjana dalam bidang Akuntansi setelah dua tahun. Ketika belajar di universitas, saya bekerja sebagai akuntan di perusahaan keuangan. Saya bekerja secara profesional serta berurusan dengan banyak masalah akuntansi. Di sana saya menerapkan teori yang telah dipelajari di kelas ke lapangan dan berkomunikasi dengan klien untuk membantu mereka mengelola keuangan. Ini adalah saat bagi saya untuk mengambil tugas yang lebih menantang serta memberikan kontribusi positif kepada FinanceCorp.

Perkenalan dalam Bahasa Inggris Sebagai Karyawan

Nah setelah melewati proses wawancara kerja alias job interview dan diterima di perusahaan idaman, kamu akan diminta untuk melakukan perkenalan dalam Bahasa Inggris sebagai karyawan baru. Di hadapan staf lainnya, kamu harus melakukan perkenalan singkat.

Sebenarnya sih nggak ada hal khusus yang perlu kamu fokuskan saat melakukan perkenalan sebagai karyawan atau pegawai baru. Toh juga udah direkrut sebagai karyawan. Tapi ya tetap saja mesti memperkenalkan diri dengan sopan. Ingat ya, hindari menceritakan kejelekan orang atau perusahaan sebelumnya.

Selain sebagai karyawan baru, ada juga cara memperkenalkan diri saat mengawali rapat atau meeting dengan karyawan lainnya. Let’s check them out!

Contoh 1:

Good morning, everyone. Thank you for the time given to introduce myself. My name is Luisa Lopita, so you can call me Luisa. I was born on January 30th 1998. I am from Yogyakarta. I am a fresh graduate from Gadjah Mada University. Before working here, I had worked at a software development company as a part-timer for two years. My hobbies are reading books and playing games. I hope we can work as a great team here. Thank you.

Terjemahannya:

Selamat pagi semuanya. Terima kasih atas waktu yang diberikan untuk memperkenalkan diri. Nama saya Luisa Lopita, jadi Anda bisa memanggil Luisa. Saya lahir pada 30 Januari 1998. Saya berasal dari Yogyakarta, lulusan dari Universitas Gadjah Mada. Sebelum bekerja di sini, pernah bekerja di perusahaan pengembangan perangkat lunak sebagai pekerja paruh waktu selama dua tahun. Hobi membaca buku dan bermain game. Saya harap kita bisa bekerja sebagai tim yang hebat di sini. Terima kasih.

Contoh 2:

Hello, everybody. How are you? (Good, how about you?) I am so grateful to meet all of you here. I am Samantha. My full name is Samania Thalita Geneoda. I come from Brazil and have moved to Indonesia since last year. My parents are still in Brazil and here I stay with my sister. I am a 23 year old girl who is passionate about photography, modelling and any creative works. I believe that ideas can come from anyone, everywhere and at anytime so that I always bring my digital diary which is my camera everywhere I go. I think that’s all about me. Thank you.

Terjemahannya:

Halo semua. Apa kabar? (Baik, bagaimana dengan Anda?) Sangat bersyukur bisa bertemu Anda semua di sini. Saya Samantha. Nama lengkap Samania Thalita Geneoda. Asal dari Brasil dan telah pindah ke Indonesia sejak tahun lalu. Orang tua masih di Brasil dan di sini saya tinggal bersama saudara perempuan. Saya gadis berusia 23 tahun yang sangat tertarik dengan fotografi, pemodelan, dan karya kreatif apa pun. Saya percaya bahwa ide bisa datang dari siapa saja, di mana saja dan kapan saja sehingga saya selalu membawa buku harian digital yaitu kamera ke mana pun pergi. Itu semua tentang diri saya. Terima kasih.

Contoh 3:

Hi everybody. It’s so nice to meet all of you here. My name is Rudy Highe and my nickname is Rudy. I was graduated from Nanyang University in Singapore two years ago. Before working here, I was a freelancer who took some projects from companies and I worked from home. Then I decided to take a challenging assignment to work in Bullseye Company. So, I am here now and ready for working with great people. Thank you.

Terjemahannya:

Hai semuanya. Senang bertemu Anda semua di sini. Nama saya Rudy Highe dan nama panggilan adalah Rudy. Saya lulus dari Nanyang University di Singapura dua tahun lalu. Sebelum bekerja di sini, saya adalah pekerja lepas yang mengambil beberapa proyek dari perusahaan dan bekerja dari rumah. Kemudian memutuskan untuk mengambil pekerjaan menantang di Perusahaan Bullseye. Jadi, saya di sini sekarang dan siap untuk bekerja dengan orang-orang hebat. Terima kasih.

Nah, itu dia 3 contoh perkenalan dalam Bahasa Inggris sebagai karyawan baru.