...

Cara menjawab perta...
 

Cara menjawab pertanyaan gaji yang diinginkan saat wawancara kerja dalam bahasa Inggris


Posts: 64
 bemby
Topic starter
Member
Joined: 4 years ago

Dalam wawancara kerja biasanya kita diminta untuk menjawab pertanyaan "berapa besar gaji yang diminta atau diinginkan?". Bagaimana jika kita ditanya dengan pertanyaan tersebut menggunakan bahasa Inggris? Apa yang harus kita katakan?

Sebagai gambaran, berikut adalah contoh percakapan interviewer (pewawancara) dengan candidate (calon karyawan) mengenai pertanyaan berapa besaran gaji yang diinginkan dalam bahasa Inggris beserta dengan cara menjawabnya:

Contoh 1

Interviewer:

How much salary do you expect from this company? (Berapa gaji yang Anda harapkafl dan perusahaafl ¡ni untuk posisi ¡ni?)

Candidate:

Frankly speaking, this is a very difficult question for me to answer, Sir. But I’ll let you know my present salary. My present job pays me Rp 2 million a month, excluding bonuses. I’m looking to start here at one million rupiah above that figure with periodic increases based on my performance on the job. But again, it depends on your fixed standard salary here for a person like me for this position. I am sure this company has a fixed standard salary especially for an experienced employee like me. (Terus terang ¡ni pertanyaan yang sulit bagi saya untuk menjawabnya, Pak. Tapi saya akan memberitahu Bapak berapa gaji saya dalam pekerjaan saya sekarang. Saat hi saya digaji 2 juta rupiah per buían, tidak termasuk bonus-bonus. Saya mengharapkan gaji awal saya di satu juta rupiah lebih tinggi daripada gaji saya sekarang ¡ni dengan kenaikan berkala berdasarkan kinerja kerja saya. Tetapi sekali lagi, ¡tu tergantung pada gaji standar yang sudah ditetapkan oleh perusahaan ini bagi orang seperti saya untuk posisi ini. Saya sangat yakin perusahaan sebesar ini memiiki gaji standar yang sudah baku untuk posisi seorang karyawan terutama karyawan degan pengalaman yang saya miiki.)

Contoh 2 

Interviewer:

As the starting salary, how much do you expect from this company? (Sebagai gaji awal, berapa gaji yang Anda inginkan untuk jabatan ini?)

Candidate:

Frankly speakíng, this is a very difficult question for me to answer Sir. I’ll let you decide because I’m convinced that you have a fixed standard salary especially for a new employee like me. In this case,I depend on your fixed standard salary for new employees. (Terus terang ini pertanyaan yang sulit bagi saya untuk menjawabnya, Pak. Saya serahkan sepenuhnya kepada Bapak untuk memutuskan berapa gaji awal saya karena saya sangat yakin bahwa perusahaan ini memiiki gaji standar yang sudah baku atau pasti untuk posisi seorang karyawan terutama karyawan baru seperti saya.)

Contoh 3

Interviewer:

Do you have any outside income? Approximately how much does it amount to? From what source is it derived? (Apakah Anda memiliki pendapatan tambahan. Kira-kira berapa jumlah pendapatan tambahan Anda ¡tu? Dari mana sumbernya?)

Candidate:

I have outside income about two million a month. I got it from my side business, that is, selling some products from certain local companies. (Ya, saya memiliki pendapatan sampingan sekitar dua juta rupiah per bulan. Saya mendapatkannya dan hasil bisnis sampingan saya,yakni menjual beberapa produk lokal dan perusahaan setempat.)

Interviewer:

Do you have any debts? (Apakah Anda memiiki utang?)

Candidate:

No, I don’t. (Tidak.)

Interviewer:

We are not able to meet the salary you ask for. How far can you lower your sights to be more within range of the company salary structure for your type of position? (Kami tidak dapat memenuhi permintaan gaji Anda sebesar itu. Seberapa banyak Anda bisa menurunkan permintaan Anda sehingga gaji yang Anda minta tercakup dalam rentang gaji yang kami sediakan untuk posisi ini?)

Candidate:

How about one and a half million per month? (Bagaimana kalau satu setengah juta per bulan?)

Itu tadi contoh cara menjawab pertanyaan gaji yang diinginkan saat wawancara kerja dalam bahasa Inggris.