Kesalahan dalam pen...
 

Kesalahan dalam penggunaan tanda hyphens pada compound adjectives

1 Posts
1 Users
0 Likes
1 Views
ChatGPT Gratis, Tanpa Login Tanpa Daftar, 100% FREE to use, Unlimited
Tanya pertanyaan apapun

Bagikan:

amna
Posts: 56
 amna
Topic starter
(@amna)
Member
Joined: 11 months ago

Tanpa disadari, kesalahan dalam penggunaan tanda hubung atau hyphens dalam adjektiva majemuk (compound adjectives) sering terjadi ketika dua atau lebih kata digabungkan untuk menggambarkan satu hal.

Berikut adalah beberapa contoh kesalahan tersebut berserta versi yang benar dan penjelasannya:

  1. Incorrect: She bought a brand new car. Correct: She bought a brand-new car. Penjelasan: "Brand new" harus digabungkan dengan tanda hubung karena bersama-sama menggambarkan sifat mobil tersebut.
  2. Incorrect: It's a fast moving train. Correct: It's a fast-moving train. Penjelasan: "Fast moving" harus digabungkan dengan tanda hubung karena bersama-sama menggambarkan sifat train yang bergerak cepat.
  3. Incorrect: He wore a bright colored shirt. Correct: He wore a bright-colored shirt. Penjelasan: "Bright colored" harus digabungkan dengan tanda hubung karena bersama-sama menggambarkan sifat dari shirt yang berwarna terang.
  4. Incorrect: The apartment is well furnished. Correct: The apartment is well-furnished. Penjelasan: "Well furnished" harus digabungkan dengan tanda hubung karena bersama-sama menggambarkan sifat dari apartment yang terlengkap dengan perabotan.
  5. Incorrect: It was a heart breaking story. Correct: It was a heart-breaking story. Penjelasan: "Heart breaking" harus digabungkan dengan tanda hubung karena bersama-sama menggambarkan sifat dari story yang menyedihkan.

Dalam adjektiva majemuk, penting untuk menggunakan tanda hubung untuk menghubungkan kata-kata yang membentuk satu konsep atau gagasan yang sama, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami arti kalimat.

Topic tags