Aturan penggunaan k...
 

Aturan penggunaan kata no, don't, stop, dan stop to, beserta contoh kalimatnya


Posts: 9
Topic starter
Joined: 3 years ago

Mengenal perbedaan kata no, don’t, stop dan stop to menjadi bahasan yang bisa kamu pelajari berikutnya. Pembahasan ini akan berkaitan langsung dengan gerund dan infinitive dalam struktur sebuah kalimat dalam bahasa Inggris.

Sebelum mulai tentang pembahasan mengenai perbedaan penggunaan no, don’t. Stop dan stop to; maka ada baiknya bagi kamu untuk mengingat kembali mengenai gerund dan infinitive.

Gerund dan Infinitive

Gerund merupakan –ing form atau bentuk verb dengan akhiran ing yang memiliki fungsi seperti noun atau kata benda. Gerund juga bisa difungsikan untuk mendeskripsikan sebuah aktivitas yang umum.

Sedangkan bentuk infinitive dari verb umumnya diawali dengan to atau umum disebut dengan to-infinitive. Penggunaan verb atau kata kerja ini mengindikasikan suatu aksi tertentu.

Meski berbeda; tetapi penggunaan gerund dan infinitive terkadang menghasilkan kebingungan ketika dipakai dalam praktek membuat kalimat. Penyebab kebingungan tersebut umumnya terjadi karena persamaan fungsi dari keduanya. Mengenal kemiripan dan kesamaan gerund dan infinitive inilah yang bisa memudahkan kalian untuk menggunakannya secara tepat dalam sebuah kalimat atau frasa berbahasa Inggris.

Kesamaan antara gerund dan infinitive

Kesamaan gerund dan infinitive adalah keduanya bisa berfungsi sebagai noun atau kata benda dalam sebuah kalimat.

How to Use No, Don’t, Stop & Stop to

a. Penggunaan No

Penggunaan kata No yang diikuti gerund merupakan bentuk yang umum digunakan dalam bahasa Inggris. Terdapat beberapa frasa umum dalam bahasa Inggris yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari – hari.

Contoh :

  • No smoking. Frasa tersebut memiliki makna dilarang merokok.
  • No smoking please. Artinya; tolong untuk tidak merokok.

No smoking merupakan sebuah frasa yang diawali dengan No dan diikuti Smoking yang merupakan gerund dan berperan sebagai noun; perpaduan keduanya menunjukkan perintah larangan untuk melakukan aktivitas smoking atau merokok.

b. Penggunaan Do not atau Don’t

Penggunaan Don’t berbeda dengan penggunaan NO yang diikuti gerund; Don’t akan diikuti oleh verb dalam bentuk dasar atau infinitive. Terdapat beberapa frasa umum dalam bahasa Inggris yang bisa ditemui pada kehidupan sehari – hari.

Contoh :

  • Please don’t smoke.
  • Don’t smoke.

Frasa tersebut juga memiliki makna dilarang merokok.

Frasa Don’t smoke memiliki kekuatan perintah yang lebih keras jika dibandingkan dengan frasa No smoking. Frasa no smoking memiliki sifat less direct atau kurang bersifat langsung dan juga less of an order atau lebih bersifat anjuran dan bukan perintah larangan keras. Karena alasan itulah frasa no smoking lazim ditemukan di tempat umum; sedangkan frasa don’t smoke yang bernada perintah digunakan di tempat – tempat yang memiliki resiko jika berdekatan dengan aktivitas merokok.

Setelah mempelajari pemaparan dengan kata no dan don’t; bagian selanjutnya dari pemaparan mengenai perbedaan kata no, don’t, stop dan stop to adalah tentang STOP dan STOP TO. Kedua pasangan tersebut memiliki kesamaan terkait kata kerja atau verb yang mengikuti.

a. Penggunaan Stop

Penggunaan kata Stop memiliki sifat yang serupa dengan kata No dalam sebuah frasa. Kesamaan keduanya ada pada jenis kata yang mengikutinya. Sama seperti No; Stop diikuti oleh gerund atau verb-ing yang berfungsi sebagai noun atau kata benda.

Contoh :

Stop smoking.

Frasa tersebut memiliki makna perintah untuk berhenti merokok.

Would you please stop smoking? Atau Would you mind to stop smoking please?

Artinya; apakah anda keberatan untuk berhenti merokok.

b. Penggunaan Stop to

Penggunaan frasa Stop to dalam kalimat baku juga cukup lazim ditemui. Frasa stop to diikuti oleh verb yang menunjukkan aksi atau tindakan yang ingin diminta untuk berhenti.

Contoh :

Will you stop to smoke please?

Artinya; apakah anda bersedia berhenti merokok?

Will you stop to make the noise?

Artinya; apakan anda bersedia berhenti membuat suara bising?

Setelah Kalian mempelajari pemaparan tentang perbedaan kata no, don’t, stop dan stop to di atas maka perbedaan dan penggunaannya pasti bisa kamu pahami kan? Keempat kata di atas cukup lazim digunakan pada kalimat – kalimat percakapan kasual sehingga memahami perbedaan dan penggunaannya penting bagi pengetahuan melakukan conversation dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.

Topic tags