Fungsi tanda baca "titik dua" (colon) dalam bahasa Inggris


Posts: 27
Topic starter
Eminent member
Joined: 3 years ago

Apa fungsi tanda titik dua dalam dunia tulis-menulis bahasa Inggris?

Tanda baca (punctuation mark) "titik dua" dalam bahasa Inggris disebut dengan "colon". Perlu diperhatikan bahwa tanda colon ini tidak sama dengan tanda semi-colon (titik koma) dan fungsinya pun berbeda.

Dalam bahasa Inggris, tanda titik dua atau tanda colon ini memiliki tiga fungsi. Berikut saya jelaskan satu-persatu dari ketiga fungsi tersebut.

Pertama, tanda titik dua digunakan untuk memisahkan dua major clause saat klausa yang kedua menjadiklausa penjelas dari klausa pertama.

Contoh:

  • This is the secret of her extraordinary life: always do what is expected. (Inilah rahasia hidupnya yang luar biasa: selalu lakukan apa yang diharapkan.)
  • Relocating was not fun: to start with, I needed to locate and buy the perfect house. (Relokasi tidak menyenangkan: untuk memulai, saya perlu mencari dan membeli rumah yang sempurna.)

Kedua, kita menggunakan tanda titik dua saat kita ingin membuat suatu daftar rincian mengenai sesuatu.

Contoh:

  • The price for the excursion includes all of the following: bus travel to New York, the flight to London, all hotel accommodation, and the day trips. (Harga untuk tamasya mencakup semua hal berikut: perjalanan bus ke New York, penerbangan ke London, semua akomodasi hotel, dan perjalanan sehari.)
  • The job opening we have called for applicants to have excellent abilities in these specific areas: editing, proofreading, data entry, and database administration. (Pembukaan pekerjaan kami meminta pelamar untuk memiliki kemampuan luar biasa di bidang-bidang khusus ini: mengedit, mengoreksi, entri data, dan administrasi basis data.)

Ketiga, kita menggunakan tanda titik dua sebelum tanda petik (tanda kutip) atau quotation mark, dan biasanya sebelum kutipan pembicaraan seseorang dalam penulisan.

Contoh:

  • The newspaper banner this morning said: 'Bus Driver Fights House Fire.' (Spanduk koran pagi ini bertuliskan: 'Sopir Bus Melawan Kebakaran Rumah.')
  • The angry mob shouted: 'Our loved ones are very nearly starving! We must have that land!' (Massa yang marah berteriak: 'Orang yang kami cintai hampir kelaparan! Kita harus memiliki tanah itu!')

Itu tadi fungsi dari tanda baca "titik dua" (colon) dalam bahasa Inggris beserta dengan contoh kalimatnya.

 

Topic tags