Random Questions

A: "____ brush your teeth?" B: "Three times a day."
A.
B.
C.
A: "Is he a teacher?" B: "Yes, he ____."
A.
B.
C.

 

Cara memilih kamus ...
 

Cara memilih kamus bahasa Inggris yang baik, lengkap, dan sesuai dengan kebutuhan kita  


Posts: 58
(@wanda)
Trusted Member
Joined: 2 years ago

Tidak semua kamus bahasa Inggris yang dijual dipasaran sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Bahkan beberapa diantaranya mirip-mirip yang membuat kita semakin bingung mana kamus bahasa inggris yang paling baik dan cocok untuk kita pakai belajar bahasa Inggris.

Kamus yang banyak dijual di toko buku rata-rata menawarkan jumlah kosa kata yang banyak, dan yang kedua menawarkan jumlah informasi grammar atau tenses yang banyak dan lengkap. Nah bagaimana memilih kamus bahasa Inggris yang baik, mana yang akan kita beli?

Ada dua jenis kamus bahasa Inggris yakni kamus untuk mereka yang ingin "belajar" bahasa Inggris dan yang kedua adalah kamus bagi mereka yang bahasa asli atau bahasa penutur sehari-harinya baahsa Inggris.

Untuk yang jenis pertama atau kamus untuk mereka yang ingin belajar bahasa Inggris, maka kamus bagus yang bisa digunakan seperti Oxford Advanced Learner's Dictionary of Current English (Oxford University Press) dan Collins Cobuild English Language Dictionary (Collins). Kedua kamus itu menggunakan bahasa Inggris versi British (British English) dan banyak dipakai di Indonesia serta banyak dijual di toko buku.

Kamus Oxford Advanced Learner's Dictionary of Current English

Kamus Oxford Advanced Learner's Dictionary of Current English

Kamus Collins Cobuild English Language Dictionary

Kamus Collins Cobuild English Language Dictionary

Sedangkan untuk kamus jenis kedua untuk meraka yang aslinya memang sudah berbahasa Inggris maka mereka biasa menggunakan The American Heritage Dictionary (Houghton Mifflin) dan Webster's New World Dictionary of the American Language (Webster). Kamus jenis kedua ini menggunakan bahasa Inggris versi Amerika (American English).

Tapi jika Anda ingin memilih kamus bahasa Inggris versi lainnya, maka pilihlah kamus yang mengandung materi berikut ini:

  1. Cara pengucapan kata;
  2. Cara menggunakan kata secara gramatikal misalnya versi noun, verb, adjective, dan sebagainya;
  3. Arti atau makna yang jelas;
  4. Contoh pemakaian kata dalam suatu frasa atau kalimat;
  5. Mengandung awalan kata, kata asal, dan akhiran untuk mengetahui asal-usul kata.

Semoga dengan informasi di atas Anda tidak dibingungkan jika ingin membeli kamus bahasa Inggris 🙂

Posts: 47
(@kozui)
Eminent Member
Joined: 2 years ago

thanks @wanda, but what about the price?

Reply