7 cara cepat, mudah, dan anti lupa menghafal kosakata bahasa Inggris


Posts: 37
Topic starter
Joined: 3 years ago

Agar kamu mampu menghafal vocabulary (kosakata) tersebut secara cepat dan lancar, berikut ini beberapa tips cepat menghafal kosakata bahasa Inggris yang cukup menyenangkan dan praktis :

1. Dengan Cara Mengingat dan Berulang

Untuk kamu yang ingin menghafal kosakata bahasa Inggris dengan mudah, caranya kamu bisa menghafal dengan mengingatnya. Kamu cukup hafalkan beberapa kosakata dalam sehari, kemudian ulangi kata tersebut sampai benar – benar diluar kepala kamu.

Lakukan hal ini setiap hari. paling tidak minimal 20 kata perhari dengan kata – kata yang baru. Dalam sebulan tentu kamu bisa menguasai kosakata semakin banyak.

2. Membaca Buku Khusus Kosakata

Selanjutnya tips cepat menghafal kosakata bahasa Inggris dengan trik kamu membaca buku berbahasa Inggris, setiap kata yang aneh atau terdengar asing kamu garis bawahi. Kemudian kamu hafalkan dan cari arti dalam bahasa Indonesinya, dengan demikian kamu akan mudah dan cepat menguasai kosakata melalui buku tersebut.

3. Mendengarkan Rekaman Kaset Kosakata

Kamu yang menyukai alat perekam suara atai video, kamu bisa memanfaatkan media tersebut untuk menghafal kata bahasa Inggris. Caranya cukup sediakan alat perekam, bisa menggunakan handphone, kaset radio atau juga perekam khusus.

Setelah itu kamu hafalkan setiap kosakata, setelah hafal kamu bisa rekam semua hafalan kosakata dengan media tersebut. Ulangi sampai kamu benar – benar menguasainya.

4. Menonton Film Berbahasa Inggris

Tentu kamu suka yang namanya menontoh film atau drama, nah tips cepat menghafal kosakata bahasa Inggris dapat kamu gunakan dengan cara menonton. Pilihlah film atau drama favorit kamu, kalau bisa yang menggunakan bahasa Inggris tanpa terjemahan bahasa Indonesia.

Fokus dan dengarkan secara details setiap kata yang keluar dari pemeran film atau drama tersebut. Apabila ada kata yang asing atau tidak dimengerti, segera catat dan cari terjemahannya. Dengan demikian kamu akan semakin mahir mengerti dan menguasai kosakata bahasa Inggris.

5. Membaca Buku Berbahasa Inggris

Salah satu cara lain untuk menghafal bahasa Inggris yaitu dengan membaca bahasa Inggris tanpa terjemahan. Kamu dapat membaca dan mewarnai kata yang tidak kamu mengerti, kemudian kamu hafalkan setiap kosakata yang baru kamu temukan.

Cara ini efektif agar kamu dapat menghafal dan menguasai kata bahasa Inggris secara cepat. Kamu bisa mencoba cara berbicara bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

6. Mendengarkan Musik Barat

Berikut ini tips cepat menghafal kosakata bahasa Inggris selanjutnya yang bisa kamu gunakan yaitu dengan mendengarkan musik kesukaan kamu. Kamu dapat mencatat setiap lirik lagu kemudian kamu hapaplkan katanya satu persatu. Lakukan tehnik pengulangan untuk menghafal liriknya, sampai kamu menguasai dan hafal lagu tersebut dalam satu halaman.

7. Menulis Sebuah Diary Berbahasa Inggris

Langkah berikut yang dapat kamu coba yaitu dengan menghafal kosakata yang ditulis kedalam buku harian atau diary. Kamu yang hobi menulis hal ini sangat membantu agar hafalan kamu bertambah dan semakin hafal. Buat cerita atau kegiatan kamu sehari – hari dan tuangkan dalam kalimat atau ide di buku harian.

Semakin kamu sering menulis akan semakin terbiasa kamu menghafal diluar kepala setiap kosakata bahasa Inggris dengan baik.

Topic tags



































Latihan soal vocabularies

 
Some pupils can ____ books from their school.
A : Can you help me, please?
B : Yes, of course. What can I do for you?

A : Please, ..... this bag to my room.
B : Yes, Sir.
Why do students ____ so much money from their parents?
My eyes ____ with tears, and so did he.
Will your mother ____ you some money?
The employee was alone when he ____ from the second floor.
A ____ rate of inflation makes exports uncompetitive.
Rama ____ someone sit on his bed at night.
Lani : I want to wear my white gown to Amanda’s party. What do you think?
Dewi : I think the red one is better.
Lani : Ok. I will ..... the red gown
 The exam was too ..... for her. She got score 100.