Forum

Random Questions

Jane: Do you play the piano?
Mary: No, I ____ any musical instrument!

A.
B.
C.
D.

 

5 cara belajar baha...
 
Notifications
Clear all

Untuk menyimpan dan melihat nilai rapor hasil tes, silakan register atau log in.


Materi Soal Lainnya

Hasil Latihan Soal Terbaru

Quiz Name Name Date Points Grade
Random questions v 12/07/2020 11:44 1.00
Random questions v 12/07/2020 11:43 1.00
Random questions v 12/07/2020 11:41 1.00
Random questions v 12/07/2020 11:40 0.00
Random questions Mimi Anindita 12/07/2020 10:52 1.00
Random questions Fia 11/07/2020 23:50 0.00
Random questions Adil 11/07/2020 23:00 0.00
Random questions Cecilia 11/07/2020 16:19 1.00
Random questions Javadd 11/07/2020 11:33 1.00
Random questions Galuh 11/07/2020 08:55 1.00

Showing 1 - 10 from 1427 records

  next page

5 cara belajar bahasa inggris yang mudah dan menyenangkan (dijamin ga bikin bosen)  


Posts: 61
(@lintang)
Trusted Member
Joined: 2 years ago

Dimasa-masa modern seperti saat ini, dimana batas-batas negara tidak lagi menjadi halangan bagi orang-orang untuk saling berkomunikasi terkadang menjadi bom waktu tersendiri bagi kita yang tidak terlalu mahir berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris, yg merupakan syarat umum untuk bisa berkomunikasi dikancah internasional. Bom waktu dimana kita hanya mnunggu detik-detik terakhir hingga akhirnya kita akhirnya secara penuh terkucilkan di dunia yang luas ini.

Mungkin diantara agan-gan sekalian, ada yang mengalami masa-masa sulit yg sama seperti yg slama ini admin alami, yaitu adanya rasa malas yang begitu besar untuk bisa mengikuti course/kursus bahasa Inggris atau benar-benar serius mengikuti pelajaran bahasa Inggris ketika masih duduk dibangku sekolah. Tapi, berdasarkan pengalaman admin sendiri "ada banyak jalan untuk menuju Roma" atau dalam kata lain, ada begitu banyak media atau cara yang bisa kita lakukan untuk bisa berbahasa inggris dengan baik, dan dengan Cara Yang Menyenangkan, antara lain:

1. FILM / TV, etc.

Nonton film, bisa menjadi salah satu media bagi kamu untuk bisa berbahasa inggris dengan baik atau minimal akhirnya kamu bisa mendengarkan orang asing yang berbahasa inggris tanpa harus menganga dan melongo' didepan mereka. Caranya, mulailah belajar menonton film-film yang berbahasa inggris dengan tidak menggunakan subtitle bahasa indonesia namun menggantinya dengan subtitle bahasa inggris sehingga kamu bisa melihat sekaligus mendengar setiap pengucapan kata-kata berbahasa inggris yang ada di film tersebut. Tapi, jika kamu mau ingin melakukannya dengan cara yang lebih dewa lagi kamu bisa tidak menggunakan subtitle sama sekali, namun karena ini tujuannya sekaligus untuk belajar, jangan ragu untuk siapin kamus disampingmu.

Pada akhirnya, setiap kali kamu menyelesaikan sebuah film atau episode dari sebuah serial tv, secara sadar maupun tidak kamu akan menambah koleksi vocab didalam kepalamu dan kamu sudah terbiasa mendengarkan seseorang berbahasa Inggris dengan berbagai logat. Hal tersebut bisa menjadi cara yang cukup menyenangkan buatmu karna pada dasarnya kamu lebih berfokus untuk mengerti sebuah film hingga usai bukan untuk belajar bahasa inggris, meskipun secara tidak sadar kamu telah melakukannya juga.

2. VIDEO GAME .

Video Game, ahh sudahlah......mungkin sbagian dari agan agan akan bereaksi sperti itu atau berkonotasi miring terhadap media satu ini, namun perlu diingat !! semua tulisan ini sbagian besar admin tulis berdasarkan pengalman admin sendiri. Secara personal, Video Game adalah salah satu sarana terbaik bagi mereka yang ingin bisa berbahasa inggris dan hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan oleh berbagai lembaga bahkan universitas terkait hal tersebut. video game memiliki dampak positif antara lain:

  1. Visual improvement (by.University of Rochester di New York)
  2. Pengurang stress dan frustrasi (by.2009's Annual Review of Cybertherapy and Telemedicine)
  3. Peningkatan penglihatan mata (cth: katarak) (by.Visual Development Lab of Ontario's McMaster University)
  4. Making Decisions skill improvement (by. ahli saraf kognitif dari University of Rochester di New York)
  5. Multitasking Improvement (by.neuroscientist dari University of California)
  6. kemampuan kepemimpinan dan teamwork / leadership improvement (by. merdeka.com)
  7. peningkatan koordinasi tangan dan mata (by.merdeka.com)
  8. mood booster / memperbaiki mood (by.washingtonpost.com)
  9. meringankan rasa sakit - cth. pada pasien rumah sakit (by.pilihdokter.com)
  10. dan yang paling penting adalah video game adalah salah satu sarana pendidikan yang paling atraktif, interaktif, dan menarik, termasuk salah satunya untuk belajar bahasa asing.

Namun dengan banyaknya dampak positif dari video game tersebut kanapa masih banyak orang2 yang menganggap negatif media tersebut ? "anggapan negatif itu muncul ketika media ini digunakan secara berlebihan, dan ketika kita berbicara tentang sesuatu yang berlebihan maka pada dasarnya hal itu buruk bagi semua hal ..." And the point is, kamu bisa menaikkan score toefl mu bahkan hanya dengan bermain game (secara tidak berlebihan) dan Caranya,

  • beli DVD game atau download game original yang kamu inginkan
    (saran: RPG, Action/Adventure, Strategic, or Boardgame),
  • siapin kamus apapun bentuknya,
  • just, play it...selamat belajar dan bersenang-senang.

3. SONG / MUSIC

Mendengarkan Lagu atau Musik, adalah sarana paling mudah yang bisa diikuti semua kalangan untuk bisa meningkatkan pembelajaran bahasa asingnya. Musik adalah media yang secara ajaib bisa merasuki dirimu bahkan sebelum kamu bisa mengetahui maksud dan inti dari musik serta lagu itu dibuat (mulai puitis, hehe). Sudah tidak perlu diperbincangkan lagi bahwa menurut beberapa penelitian musik mampu mencerdaskan dan menjadi sarana yang baik untuk menyampaikan sebuah pembelajaran, contohnya, musik klasik yang terbukti dapat mencerdaskan bayi dalam kandungan jika didengarkan secara periodik oleh sang ibu. Namun, jika kamu ingin memanfaarkan musik/lagu ini sebagai sarana untukmu belajar bahasa asing terutama inggris. maka, cobalah untuk mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download/cari lirik dari lagu yang kamu sukai (dalam bahasa Inggris)
  2. Download/cari lirik lagu tersebut dalam bahasa Indonesia jika tidak ada, maka kamu harus segera kenalan dengan "google translate" dan mulai mengartikan lirik lagu yang dalam bahasa inggris tadi sesuai kemampuanmu atau lebih baik minta tolong temanmu/orangtuamu yang sudah bisa bahasa Inggris setidaknya untuk mengartikan lirik lagu tadi.
  3. Dengarkan lagu tersebut seperti biasa kamu mendengarkannya, namun sekarang kamu sudah tau maksud dari lagu tersebut dan kalo bisa mulai ikuti kata perkata dari lagu tersebut dan memahami arti dan maknanya.
  4. jika kamu sudah terbiasa menyanyikannya dengan lirik dan pengucapan yang benar, maka "selamat" kamu sudah menambah koleksi english vocabulary di dalam kepalamu.

4. NOVEL, COMIC.

Membaca novel/komik, yap....menurut admin media yg satu ini cukup bisa membantumu untuk belajar bahasa inggris, terutama bagi kamu yang menjadikan hal ini sebagai hobi nya. Novel mungkin bisa jadi sedikit ekstrem bagi kamu yang baru saja memulai untuk mengenal bahasa inggris, namun komik bisa menjadi senjata andalanmu untuk berjuang mempelajari hal tersebut dari awal. Karena dengan komik, kamu akan belajar memahami situasi dan percakapan yang diperlukan dan hal tersebut bahkan sudah digambarkan didalamnya, sehingga tentu saja akan mempermudah kamu untuk memahaminya. Caranya, untuk bisa memanfaatkan media ini agar bisa menjadi jembatan penghubungmu untuk belajar bahasa inggris, cukup mudah....

  • Siapin kamus
  • Bacalah !!

5. VACATION / TRAVELING

Orang bijak pernah berkata "tempat paling tepat untuk belajar bahasa asing ialah tempat dimana bahasa asing itu berasal" meskipun admin sendiri tidak tau siapa orang bijak tersebut 😀 . Namun, perkataan bijak tersebut ada benarnya juga. Jika kamu ingin bisa dengan mudah menguasai suatu bahasa, bahasa apapun itu terutama Inggris, yang paling tepat ialah dengan cara kamu langsung tinggal atau singgah untuk beberapa bulan ditempat bahasa itu berasal. Inggris, Amerika, Australia, or at least Singapore adalah negara tujuan kalian untuk bisa menguasai bahasa internasional ini.

Cara ini direkomendasikan bagi mereka yang punya cukup Uang dan Waktu, bagi kalian yang memenuhi kriteria tersebut maka lakukanlah, jangan tunda lagi... Sekian 5 cara yg menyenangkan untuk belajar bahasa inggris yang bisa admin bagikan di artikel kali ini. Cara diatas mungkin tidak terlalu membantu kalian yang sungguh ingin mengincar score Toefl hingga >500, tapi dijamin setidaknya bisa membantu agan agan meraih score Toefl 400 - 450 atau bahkan 499, tergantung nasib hehe....atau minimalnya lagi kalian sudah bisa sedikit mengerti sedikit tentang bahasa inggris sehingga bisa menjadi modal awal kalian untuk mempelajarinya lebih jauh. Hal yang terpenting dari itu semua ialah santai dan jangan terburu-buru