Random Questions

____ my hand on a piece of glass. Do you have a Band-Aid?
A.
B.
C.
D.
My grandmother ____ for 62 years and she never even coughs. What a lucky woman!
A.
B.
C.
D.

 

4 cara mudah agar a...
 

4 cara mudah agar anak bisa cepat pintar bahasa inggris  


Posts: 74
(@monarisa)
Trusted Member
Joined: 2 years ago

Di zaman yang seolah tanpa batas ini, kemampuan berbahasa penting banget ya. Senggaknya anak mahir berbahasa Inggris.

Kalau anak bisa berbahasa Inggris, anak bisa mempersiapkan diri untuk bersaing secara global. Soalnya kelak dunia pasti akan semakin tanpa batas, sehingga bisa berkomunikasi dengan orang yang beda negara tentu penting banget.

Nah, setidaknya ada empat cara yang bisa diterapkan agar anak lebih mudah menguasai bahasa Inggris, Bun. Berikut ini keempat cara itu, seperti dipaparkan RISE, tempat belajar bahasa Inggris yang merupakan bagian dari Bina Nusantara.

1. Asah Kemampuan Oral Language

Oral language ini penting banget sebagai landasan dan pintu gerbang untuk mengembangkan kemampuan membaca dan menulis yang efektif. Sebab ini merupakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak, di mana anak diminta berbicara untuk mengekspresikan pemikirannya.

2. Asah Kemampuan Menulis dan Membaca

Kita bisa memberi anak bacaan-bacaan berbahasa Inggris. Selain itu kita ajari anak-anak untuk menuliskan kembali cerita yang baru dibaca. Ini penting banget untuk menambah kosakata.

"Strong reading and writing skills dibutuhkan oleh anak untuk siap menghadapi paparan topik dan ide-ide yang kompleks," ujar Stella Lestari, Business and Project Manager untuk Binus.

3. Berbicara dan Mendengar

Untuk belajar bahasa Inggris, anak perlu mengucapkan dan melafalkan kalimatnya dengan baik. Jadi anak nggak cuma tahu cara menuliskan kata-kata bahasa Inggris-nya, tetapi juga tahu bagaimana melafalkannya.

Penting juga nih untuk mengasah kemampuan si kecil untuk mendengar. Jadi anak-anak akan terbiasa mendengar pegucapan bahasa Inggris orang lain, untuk kemudian meresponsnya melalui percakapan.

Baik bicara, mendengar, membaca, dan menulis, sebaiknya diterapkan melalui praktik sehari-hari. Bisa juga dengan memapar anak melalui film berbahasa Inggris tanpa teks alih bahasa. Atau bisa juga dengan memperdengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris.

4. Membuat Anak Terlibat

Pelibatan anak atau engagement itu penting banget kalau kita mau mengajari anak bahasa Inggris. Apalagi ini merupakan inti dari pembelajaran 21st century language-learning.

Kalau kita nggak punya waktu buat ngajarin sendiri bahasa Inggris ke anak, salah cara yang bila dilakukan adalah dengan mengikutsertakan anak ke tempat les bahasa Inggris. Agar anak mudah menyerap pelajarannya, penting banget bagi kita sebagai orang tua untuk mencari tahu tempat yang tepat buat anak belajar bahasa Inggris.

Ada baiknya sih kita datangi dulu tempat yang akan kita pilih untuk tahu seperti apa metode pengajarannya, apakah konvensional atau mengikuti perkembangan kurikulum pembelajaran. Lalu perlu juga nih kita lihat suasana belajarnya apakah aktif dan menyeluruh sehingga membuat anak-anak lebih terlibat atau tidak.

Yang nggak kalah penting nih, Bun, kita perlu banget memastikan anak-anak punya kesempatan melakukan eksplorasi dan interaksi. Jadi mereka nggak melulu belajar dan terpaku dari buku cetak saja.

Nah, kalau sudah mendapat tempat belajar bahasa Inggris yang tepat, maka kita di rumah juga perlu memberi dukungan. Di rumah kita juga bantu anak mengulang pelajarannya agar anak-anak makin fasih berbahasa Inggris. Jadi lingkungan belajar bahasa Inggris anak nggak cuma di tempat les, tetapi juga di rumah.

Source:

https://www.haibunda.com/aktivitas/d-3753721/4-cara-agar-anak-cepat-bisa-berbahasa-inggris