Random Questions

"____ Martha English?"
"Yes, she ____ ."
A.
B.
C.
D.
"____ is Brenda?"
"She's Patrick's wife."
A.
B.
C.
D.

 




11 Permainan untuk meningkatkan dan menambah kosakata bahasa Inggris  


Posts: 30
(@siska)
Eminent Member
Joined: 2 years ago

Salah satu cara untuk belajar meningkatkan kosakata bahasa inggris adalah dengan melalui game. Game adalah salah satu tools yang cukup efektif untuk anda, ketika ingin meningkatkan kosakata bahasa inggris anda. Terdapat berbagai macam jenis game yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan pembelajaran mengenai kosakata bahasa inggris. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Contoh Game untuk Menambah Kosakata Bahasa Inggris:

  1. Simon Says

Dalam permainan simon says kita bisa belajar listening. Cara melakukan permainan simon says terbilang mudah dan bisa dilakukan siapapun. Permainan ini dilakukan dalam grup atau kelompok. Permainan ini dibutuhkan seorang instruktur untuk memandu jalannya permainan ini. Semua anggota yang tergabung dalam permainan ini wajib mengikuti apa yang diucapkan oleh instruktur. Sehingga kita harus konsentrasi agar tidak salah dalam menangkap pesan.

  1. Crossworld Puzzle

Teka-teki silang adalah fokusan dalam permainan ini. Dengan memainkan permainan ini, kita akan memperoleh kosakata yang banyak. Permainan ini adalah permainan menjawab pertanyaan dan harus diisikan ke puzzle.

  1. Scrabble

Permainan ini adalah permainan menyusun huruf untuk dijadikan sebuah kosakata bahasa inggris. Tersusun dari kotak-kotak satu huruf untuk disusun menjadi sebuah kata. Dengan memainkan permainan ini, kita akan diuji untuk menyusun huruf untuk dijadikan sebuah kata dalam bahasa inggris. Dengan begitu kosakata yang kita pelajari akan semakin bertambah dan meningkat. Dengan melakukan permainan ini, belajar bahasa inggris akan menjadi lebih menyenangkan.

  1. Word Jumble

Menyusun kata untuk menjadi sebuah kalimat yang benar adalah fokus dari permainan ini. Dengan memperhatikan potongan-potongan kata yang akan kita susun, kita akan memperlajari kosakata per kosakata untuk dijadikan sebuah kalimat yang benar dan bisa memiliki suatu arti tertentu.

  1. Anagram

Melakukan pengubahan kosakata menjadi maksud lain. Misalnya ada sesorang yang menyebutkan “sea”, pengubahan kosakata lain bisa menjadi “see”. Berbeda tata huruf akan menjadi kosakata baru yang bisa kita dapatkan. Dalam bahasa inggris sering kita jumpai, meskipun dalam tata huruf yang sama bisa saja memiliki arti yang berbeda.

  1. Guess the World

Tebak gambar adalah fokus dari permainan ini. Kita bisa belajar meningkatkan kosakata dengan menebak gambar yang tersedia. Dengan begitu kita akan belajar menghafalkan dan memahami gambar tersebut.  Semakin banyak menebak dengan benar, maka kita bisa mempelajari kosakata dengan menyenangkan.

  1. Miming Games

Menebak gerakan adalah fokusan dari permainan ini. Orang lain akan memperagakan gerakan dari binatang, kegiatan atau hal apa saja yang disepakati dalam permainan. Anggota yang lain akan menebak apa yang sesuai dengan yang diperagakan tersebut. Anggota bisa menebaknya dengan mengajukan pertanyaan atau langsung menebak mengenai apa hal tersebut.

  1. Missing Games (What’s Missing Games)

Identifikasi dan mengingat adalah kunci dari permainan ini. Dengan menggabungkan kedua hal tersebut kita akan dilatih untuk secara cermat dan teliti dalam melihat atau memperhatikan sebuah gambar. Dengan demikian kita bisa mengutarakan pendapat kita dalam bahasa inggris.

Permainan ini dilakukan secara berkelompok, dan dipimpin oleh seorang instruktur. Instruktur bertugas untuk membagikan gambar yang akan dicermati oleh anggota lainnya. Anggota permainan harus menutup matanya setelah melihat gambar yang diberikan oleh instruktur. Setelah itu instruktur akan memperlihatkan gambar lain yang sesuai dengan gambar yang dicermati oleh anggota, dan anggota mengutarakan pendapatnya mengenai apa yang berbeda dengan gambar tersebut.

  1. Blindfold

Tebak Barang adalah fokusan permainan blindfold. Permainan ini menekankan pendeskripsian barang atau benda yang diterima. Permainan ini dilakukan dalam grup, dan dipimpin oleh seorang instruktur. Instruktur akan memberikan benda kepada anggota permainan. Dalam melakukan permainan, mata akan ditutup dan anggota permainan akan mendeskripsikan benda yang diterimanya dari instruktur.

Permainan ini akan meningkatkan kosakata bahasa inggris kita karena kita akan berusaha untuk mendeskripsikan benda yang kita terima, dan menceritakannya.

  1. World Macth

Mencocokkan kata adalah inti dari permainan ini. Permainan ini bisa dilakukan secara berkelompok, dengan satu orang sebagai instruktur. Dalam permainan ini dibagi dalam 2 tim. Seorang instruktur akan memberikan kalimat atau kata yang mudah untuk ditemukan sinonimnya. Dan anggota permainan harus mencocokkan kata yang diberikan instruktur. Permainan ini melatih kita dalam meningkatkan kosakata bahasa inggris, kecepatan serta ketepatan menjawab.

  1. Find World

Permainan berbentuk seperti puzzle. Cara bermainnya adalah dengan mencari susunan kata yang menjadi sebuah kata dalam bahasa inggris. Permainan ini biasanya ada waktunya. Dengan arti permainan ini harus diselesaikan dalam waktu tersebut dengan target yang telah ditentukan. Banyaknya kosakata yang kita temukan akan dihitung dengan skor yang sudah ditentukan.

Dengan semakin banyak kosakata yang kita temukan akan semakin bagus untuk apa yang kita pelajari untuk meningkatkan kosakata bahasa inggris. So, itulah contoh game untuk menambah kosakata Bahasa Inggris kamu semua.