Perbedaan subject d...
 

Perbedaan subject dan object pronouns dalam bahasa Inggris

1 Posts
1 Users
0 Likes
1 Views
nurul32
Posts: 48
Topic starter
(@nurul32)
Member
Joined: 10 months ago

Bagaimana cara membedakan subject dan object pronouns dalam bahasa Inggris?

Pada bahasa Inggris, pronouns termasuk dalam salah satu parts of speech. Pronouns dapat berupa he, she, atau it. Ketika pronouns muncul dalam soal TOEFL written expression, maka harus diperhatikan apakah pronoun tersebut sudah berfungsi sebagai subject atau object yang sesuai untuk kalimat tersebut dan sesuai dengan noun yang digantikan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait pronoun, diantaranya adalah:

  1. Bagaimana cara membedakan subject dan object pronouns,
  2. Bagaimana cara membedakan adjective possessive pronouns,
  3. Pronoun reference agreement.

Perhatikan tabel berikut ini.

Subject Object
I Me
You You
He Him
She Her
It It
We Us
They Them

Subject pronoun dapat digunakan sebagai subject dari sebuah verb, sedangkan object pronoun dapat digunakan sebagai object dari sebuah verb atau object dari preposition.

Perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

  1. Sally gave the book to John. (Sally memberikan buku itu kepada John.)
  2. She gave it to him. (Dia memberikannya kepadanya.)

Perhatikan kalimat kedua dan subject pronoun she yang menggantikan noun Sally. Object dari verb it juga menggantikan noun book, dan object dari preposition him menggantikan noun John.

Berikut ini adalah contoh kalimat yang tidak tepat dalam soal TOEFL written expression:

  • Him and the girl are going shopping.

Pada contoh di atas, penggunaan object pronoun him pada kalimat tersebut tidak tepat karena pronoun berfungsi sebagai subject dari kalimat tersebut. Seharusnya object pronoun him diganti dengan penggunaan subject pronoun he. Selain itu, sedikit lebih sulit untuk mengenali him sebagai subject karena verb are memiliki dua subject yaitu him and the girl.

  • The gift was intended for you and I.

Pada contoh di atas, penggunaan subject pronoun I juga tidak tepat karena pronoun tersebut berfungsi sebagai object dari preposition for. Subject pronoun I seharusnya diganti dengan object pronoun me. Selain itu, sedikit sulit untuk mengenali I sebagai object of preposition for karena preposition for memiliki dua subject yaitu penggunaan object you yang tepat dan penggunaan object I yang tidak tepat.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan jika subject pronoun adalah kata ganti subject yang menggantikan sebuah subject dalam sebuah klausa atau kalimat. Hal ini biasanya sering digunakan untuk menghindari pengulangan nama subject. Sedangkan, object pronoun digunakan untuk menggantikan kata benda yang merupakan object dalam sebuah klausa atau kalimat.

Itu tadi penjelasan mengenai cara membedakan subject dan object pronouns dalam bahasa Inggris.