Pengertian preposit...

Pengertian preposition of time, macam, dan contoh penggunaannya dalam kalimat

1 Posts
1 Users
0 Likes
ChatGPT (versi GPT-4) Gratis, Tanpa Login Tanpa Daftar, 100% FREE to use, Unlimited
Tanya pertanyaan apapun

Bagikan:

vera
 vera
Topic starter
(@vera)

Apa yang dimaksud dengan preposition of time dan apa saja macam atau jenis preposition of time itu?

Pengertian preposition of time

Prepostion of time is the kind of preposition which explain about the time that we use. Jadi, preposition of time merupakan salah satu bentuk preposition atau kata depan yang menjelaskan mengenai waktu. keterangan waktu tersebut digabung dengan object sehingga membentuk preposional phrase.

Macam-macam preposition of time dan contoh kalimatnya

After (setelah)

• After go home from the school, I will call you (setelah pulang dari sekolah, aku akan menelepon mu)
  • We will meet the clients after lunch (kami akan bertemu klien setelah makan siang)
  • After dinner, They will celebrate his birthday (setelah makan malam, mereka akan merayakan ulangtahun nya)

At (pada)

• I believe, at the end of the story we will be happy (aku yakin, pada akhir cerita kita akan bahagia)
  • He will come to my house at 9 pm (dia akan datang kerumahku pada pukul 9 malam)
  • they feel free at the weekend (mereka merasa bebas pada akhir pekan)

For (selama/sejak)

• I have been waiting for you here for 2 hours (aku telah menunggu mu disini sekitar 2 jam)
  • I love you for long time ago (aku mencintaimu sejak lama)
  • he has been here for 2 months (dia telah berada disini selama 2 bulan)

From (dimulai dari)

• I will acompany you from the beginning until the end of time (aku akan menemani mu dari mulai awal hingga berakhirnya waktu)
  • please count the number from one to ten (tolong hitung dari mulai 1 hingga 10)
  • he always think of you from morning until night (dia selalu memikirkan mu dari pagi hingga malam)

In (di)

• I will find you in this house (aku akan menemukan mu dirumah ini)
  • They always call me in the morning (mereka selalu menelepon ku setiap pagi)
  • he was born in Palembang (dia telah lahir di palembang)

On (di atas)

• I put my comic on the table (aku meletakkan buku ku diatas meja)
  • You can find your handphone on the table (kamu dapat menemukan handphone mu diatas meja)
  • he puts the blanket on the bed (dia meletakkan selimutnya diatas tempat tidur)

Until (hingga)

• He asks me to accompany him from the morning until night (dia menyuruhku untuk menemani nya dari pagi hingga malam)
  • Indonesia is very large from Sabang until Merauke (Indonesia itu luas dari Sabang hingga Merauke)
  • He will wait you until old (dia akan menunggu mu hingga tua)

To (Kurang)

• the time is 5 to 10 minute (sekarang jam 5 kurang 10 menit)
  • at 9 to 10 minute I will come to your house (pada jam 9 kurang 10 menit aku akan datang kerumah mu)
  • he will call me at 10 to 10 minute (dia akan menelepon ku pada jam 10 kurang 10 menit)

By (menjelang/pada)

• by the end of this story the man died (di akhir cerita laki-laki nya meninggal)
  • By the time we wil go, he always call me every night (menjelang kita akan pergi, dia selalu memanggilku setiap malam)
  • By the time he will meried, his ex comes (menjelang hari pernikahanya, mantan nya datang)

Over (selama)

• Over the holiday, we will come to the beautiful places (selama liburan, kami akan datang ke tempat yang indah)
  • over this night, we will accompany you (selama malam ini, kami akan menemani mu)
  • over the praying, you should quiet (selama berdoa, kamu harus diam)

Before (sebelum)

• Before we lunch, we should pray (sebelum makan siang, kita harus berdoa)
  • I will accompany you to go to market before you go (aku akan menemani mu untuk pergi ke pasar sebelum kamu pergi)
  • Before you come to my house, you should call me (sebelum kamu datang kerumah ku, kamu harus menelepon aku)

Past (melebihi)

• it has past the limit (ini telah melebihi batas)
  • now is 9 past 10 minute (sekarang pukul 9 lewat 10 menit)
  • They will start to play the football at 8 past 20 minute (mereka akan memulai bermain bole pada pukul 8 lewat 20 menit)