Random Questions

Marcus and Carlos ____ my brothers.
A.
B.
C.
D.
"Are you from Senegal?"
"No, ____ ."
A.
B.
C.
D.

 




Pengertian possessi...
 

Pengertian possessive pronouns, jenis, dan contoh kalimatnya  


Posts: 33
(@kania)
Eminent Member
Joined: 2 years ago

Possessive pronouns adalah kata ganti yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan. Ada dua possessive pronouns dalam Bahasa Inggris. Yang satu bisa berfungsi sebagai kata benda secara keseluruhan sedangkan yang satu lagi hanya berfungsi seperti kata sifat, sehingga harus diikuti oleh kata benda yang lain. Berikut adalah possessive pronouns dalam bahasa Inggris.

Possessive PronounsPossessive Adjectives
Minemy ...
yoursyour ...
theirstheir ...
Oursour ...
hishis ...
hersher ...
itsits ...

 

Contoh:

  1. Your shirt may be more expensive but mine looks better.
  2. Your shirt may be more expensive but my shirt looks better.

Kalimat 1 dan 2 mempunyai makna yang sama, yaitu kemejamu mungkin lebih mahal tapi kemejaku terlihat lebih bagus. Pada contoh 1 kata ganti mine tidak perlu diikuti oleh kata benda lain karena sudah berfungsi sebagai kata benda. Sedangkan pada contoh 2 kata ganti my masih harus diikuti kata benda lain, yaitu shirt. Perhatikan contoh berikutnya:

  1. This cat is mine. (Kucing ini punyaku)
  2. This is my cat. (Ini kucingku)
  3. This cat is my cat. (Kucing ini adalah kucingku)

Kalimat 1, 2, dan 3 mempunyai makna yang sama, tapi pola seperti kalimat 3 jarang, bahkan tidak pernah digunakan dalam bahasa Inggris karena tidak efektif dan terdengar berulang-ulang. Sekali lagi perhatikan bahwa possessive pronouns bisa berdiri sendiri seperti pada contoh 1, sedangkan possessive adjectives harus diikuti dengan kata benda lain, seperti pada contoh 2.

Perhatikan kata ganti its. Kata ganti kepemilikan its tidak mempunyai tanda petik di atas. Jangan disamakan dengan it's dengan tanda petik di atas yang merupakan bentuk pendek dari it is.

  1. A bird uses its wings to fly. (Burung menggunakan sayapnya untuk terbang)
  2. Look! It's a sea eagle. It's huge. (Lihat! Itu burung elang laut. Dia sangat besar)
  3. A sea eagle uses it's beak to tear meat. (Burung elang laut menggunakan paruhnya untuk menyobek daging.)

Penggunaan kata ganti kepemilikan its pada contoh 1 sudah benar. Begitu halnya dengan penggunaan bentuk pendek it's pada contoh 2. Tapi pada contoh 3 terdapat kesalahan. Karena menyatakan kepemilikan maka seharusnya kata ganti its tanpa tanda petik yang digunakan.