Random Questions

"Is it hot today?"
"No, ____ ."
A.
B.
C.
D.
A: ____ Greek?
B: Yes, I am.
A.
B.
C.
D.

 




Pengertian personal...
 

Pengertian personal pronouns, jenis, dan contoh kalimatnya  


Posts: 33
(@kania)
Eminent Member
Joined: 2 years ago

Personal pronouns adalah kata ganti untuk kata benda yang sudah disebutkan sebelumnya. Personal pronouns selanjutnya dibagi menjadi dua, yaitu subject pronouns dan object pronouns. Seperti namanya, subject pronouns digunakan untuk menggantikan kata benda yang bertindak sebagai subjek. Sedangkan object pronouns digunakan untuk menggantikan kata benda yang menjadi objek atau kata benda yang disebutkan setelah preposisi/kata depan. Berikut adalah personal pronouns dalam bahasa Inggris.

Subject PronounsObject Pronouns
Ime
youyou
theythem
weus
hehim
sheher
itit

 

I adalah kata ganti orang pertama tunggal, sedangkan we adalah kata ganti orang pertama jamak. Orang pertama adalah orang yang berbicara.

  1. I am Budi. I live In Surabaya. (Aku Budi. Aku tinggal di Surabaya)
  2. My brother and I love fishing. We always go fishing on Sunday. (Kakakku dan aku suka memancing. Kami selalu pergi memancing pada hari Minggu)

Pada contoh ke-2, pronouns "we" menggantikan subjek "my I brother and I".

You bisa berarti kamu atau kalian. Dengan kata lain, you digunakan sebagai kata ganti orang kedua—orang yang diajak berbicara—baik tunggal maupun jamak.

Contoh:

  1. You have to apologize to her. (Kamu harus meminta maal padanya)
  2. John! Sam! What are you doing? You can't do that! (John! Sam! Apa yang kalian lakukan? Kalian tidak boleh melakukan itu)

Pada contoh ke-2, kata ganti you menggantikan dua kata benda, yaitu John dan Sam, sedangkan pada contoh ke-1 kata ganti you hanya mewakili satu orang saja.

Ada tiga kata ganti untuk orang ketiga (orang yang dibicarakan) tunggal, yaitu he, she, dan it. He digunakan jika kata benda yang digantikan berjenis kelamin laki-laki, sedangkan she digunakan untuk yang berjenis kelamin perempuan. It digunakan untuk semua kata benda yang bukan manusia. Untuk orang ketiga jamak, kata gantinya hanya satu, yaitu they.

Contoh:

  1. John is very smart. He always gets the best mark in all lessons. (John sangat pintar. Dia selalu mendapat nilai yang terbaik dalam semua pelajaran)
  2. Shania has a beautiful voice. I'm sure she will become a good singer someday. (Shania mempunyai suara yang indah. Aku yakin dia akan menjadi penyayi yang hebat suatu hari nanti)
  3. I've just found a book. It looks nice. (Aku baru saja menemukan buku. Itu kelihatan bagus)
  4. Anna. Elsa. Belle, and Ariel wore blue skirt yesterday. They looked beautiful (Anna, Elsa, Belle, dan Ariel memakai rok biru kemarin. Mereka terlihat cantik)

Perhatian contoh 2,3, dan 4. Masing-masing kata benda digantikan oleh kata ganti orang ketiga tunggal yang sesuai dengan jenis kelaminnya. Pada contoh 4 kata ganti they menggantikan banyak kata benda sekaligus yang semuanya adalah perempuan. Kata ganti they bisa digunakan untuk semua, baik perempuan maupun laiki-laki, baik manusia maupun bukan, asalkan jumlahnya jamak.

Object pronouns digunakan jika kata benda yang diganti bertindak sebagai objek.

Contoh:

  1. I've just found a nice book. I gave ¡t to Miss Adams. (Aku baru saja menemukan buku bagus. Aku menyerahkannya pada Bu Adams)
  2. Elsa wore a blue skirt yesterday. I saw her with Ariel and Anna. (Elsa memakai rok biru kemarin. Aku melihatnya bersama Ariel dan Anna)
  3. John and Sam are my brothers. I love them. (John dan Sam adalah adikku. Aku menyayangi mereka)
  4. Elsa. Anna, and I are Miss Adams' students. She always teaches us to be honest. (Elsa, Anna, dan aku adalah murid Bu Adams. Dia selalu mengajari kami untuk jujur.)
  5. I met Jack this morning. He greeted me. (Aku bertemu Jack pagi tadi. Dia menyapaku)

Perhatikan kata benda pada kalimat pertama pada masing-masing contoh di atas dan perhatikan juga object pronouns yang menggantikan mereka pada kalimat kedua.

Object pronouns juga bisa digunakan setelah preposisi/kata depan.

Contoh:

  1. She is Elsa. The girl next to her is Anna. (Dia Elsa. Gadis di sebelahnya adalah Anna)
  2. John and I are waiting in line. In front of us, there's an old lady. (John dan aku sedang mengantre. Di depan kami, ada perempuan paruh baya.