Random Questions

What ____ tomorrow?
A.
B.
C.
We ____ have friends over for dinner.
A.
B.
C.

 

Pengertian Grammar ...
 

Pengertian Grammar Menurut Para Ahli Bahasa Inggris  


Posts: 71
(@jasmine)
Trusted Member
Joined: 2 years ago

Apa itu grammar? pertanyaan itu sering muncul dibenak mereka yang ingin mendalami dan mempelajari lebih jauh bahasa inggris. nah berikut ini pengertian grammar menurut para ahli bahasa inggris.

  • Menurut Barbara Dykes (2007: 5) dalam bukunya Grammar for Everyone menyebutkan bahwa pengertian paling sederhana dari grammar. Menurut dia, "grammar is a language to talk about language" atau bisa diartikan grammar adalah bahasa untuk mempelajari bahasa. Mengapa demikian? Karena dari grammar, dia lebih lanjut menjelaskan, kita bisa mempelajari bagaimana berkomunikasi dengan bahasa tidak lepas kaitanya dengan mempelajari grammar; dimulai dari kosakata dan fungsinya, pola kalimat, ungkapan, dan makananya.
  • Menurut Goeffrey Leech (1982: 3) dalam bukunya English Grammar for Today mendefiniskan grammar sebagai "Grammar refers to the mechanism according to which language works when it is used to communicate." Artinya, grammar merujuk pada mekanisme sesuai dengan kerja bahasa ketika digunakan dalam berkomunikasi. Dari pengertian tersebut bisa kita pahami bahwa grammar merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana suatu bahasa bekerja untuk berkomunikasi.
  • Menurut Jeffry Coghill, "Grammar of language is the set of rules that govern its structure. Grammar determines how words are arranged to form meaninful units." Artinya, grammar suatu bahasa merupakan seperangkat aturan yang mengatur struktur bahasa itusendiri. Grammar menentukan bagaimana kata-kata disusun untuk membentuk unit bahasa yang bermakna. Grammar disini diartikan dengan sangat jelas dimana grammar diartikan sebagai seperangkat aturan untuk membentuk bahasa agar mempunyai makna atau bisa dipahami.
  • Menurut Michael Swan (2005:xix) dalam bukunya Practical English Usage, melontarkan pendapatnya mengenai definisi grammar. Menurutnya grammar adalah “The rules that show how words are combined, arranged or changed to show certain kinds of meaning." Atau bisa diartikan sebagai berikut "Grammar adalah aturan yang menerangkan bagaimana kata digabungkan, disusun atau diubah untuk menunjukkan beberapa jenis makna.”

Semoga bermanfaat.