Pengertian compound...
 

Pengertian compound word dan contoh penggunaannya pada kalimat


Posts: 37
Topic starter
Joined: 3 years ago

Compound word, yang dalam bahasa Indonesia serupa dengan kata majemuk, merupakan gabungan dari beberapa kata yang membentuk suatu kata baru dengan makna yang berbeda pula.

Salah satu contoh compound word yang sudah tidak asing lagi di telinga kita adalah “ice cream”. Ice cream terdiri atas dua kata dasar; yakni “ice” dan “cream”. Dan sebagai compound word, ice cream memiliki makna tersendiri; terlepas dari unsur kata pembentuknya.

Macam-macam Compound Word

Dalam bahasa Inggris, compound word terdiri atas tiga jenis: space/open compound word, closed/solid compound word, dan hyphenated compound word. Perbedaan dari ketiganya terletak pada cara penulisan dalam penggabungan katanya.

1. Open Compound Word

Space atau open compound word menuliskan unsur-unsur kata pembentuknya secara terpisah; contohnya “ice cream”. Sebagian open compound word merupakan gabungan dari noun (kata kerja) dengan adjective (kata sifat) yang membentuk suatu kata baru. Sekilas, compound word tersebut akan terlihat mirip dengan noun yang di-modify atau dijelaskan oleh adjective. Cara untuk membedakannya adalah dengan melihat arti dari gabungan kata tersebut; yang mana jika konstruksi tersebut melahirkan suatu kata yang baru, maka itu adalah compound word.

Beberapa contoh lain dari compound word:

living room = ruang tamu

school bus = bis sekolah

high school = sekolah menengah

human rights = hak asasi manusia

real estate = perumahan

2. Closed Compound Word

Solid atau closed compound word merupakan gabungan kata yang dituliskan menjadi satu, alias tidak terpisah. Contoh yang paling sering kita jumpai adalah “handphone”. Sejatinya, kata handphone merupakan gabungan dari kata “hand” dan “phone”, yang kemudian membentuk suatu kata baru dengan makna yang baru pula: telepon genggam. Dan umumnya, closed compound word hanya terdiri dari dua kata saja.

Di bawah ini merupakan contoh-contoh lain dari closed compound word:

notebook = buku catatan

bookstore = toko buku

fireman = pemadam kebakaran

football = sepak bola

bodyguard = pengawal

3. Hyphenated Compound Word

Jenis compound word yang terakhir adalah hyphenated; di mana hyphen atau tanda penghubung “-“ digunakan untuk menggabungkan kata yang berbeda. Hyphenated compound word bisa terdiri atas lebih dari dua kata.

Adapun beberapa contoh dari hyphenated compound word yaitu:

sister-in-law = saudara ipar perempuan

up-to-date = terbaru

non-toxic = tidak beracun

one-way = satu arah

warm-up = pemanasan

Cara termudah untuk mengetahui apakah sebuah kata merupakan compound word adalah dengan mengecek pada kamus tunggal bahasa; seperti Oxford dictionary atau Longman dictionary. Namun sebab bahasa bersifat dinamis, terkadang bentuk dari compound word ikut berubah. Contohnya, kata “on-line” yang dulunya ter. Kini, dengan semakin sering digunakannya kata tersebut, cara penulisan “online” menjadi lebih diterima oleh masyarakat umum.

Bentuk hyphenated compound word juga bisa berubah bergantung pada penempatannya. Contohnya, adjective compound tetap menggunakan hyphen “-“ apa bila ia berfungsi memodify suatu kata benda. Jika ia berganti posisi, maka hyphen diganti dengan spasi.

A: Is this going to be a long-term solution?

B: I’m afraid I don’t see it as a good solution for the long term.

A: We need to make an up-to-date list of the group’s members.

B: So you think the current list isn’t up to date?

Perlu diingat, compound word juga tidak selalu berupa gabungan dari noun + noun. Bentuk kombinasi lain dari compound word antara lain:

Noun + Noun: raincoat, chairman, classroom

Noun + Verb: proofread, sunset, heart-warming

Verb + Noun: dining room, swimming pool, homemade

Verb + verb: cross-check, caregiving, copywriting, hide-and-seek

Adjective + Noun: blackboard, slow motion, on-site, grandmother

Adjective + Verb: dry-cleaning, right-click, best buy, soft sell

Tidak ada aturan khusus yang mengikat tentang jenis compound word yang dihasilkan dari jenis kata pembentuknya. Sekali lagi, bantuan kamus diperlukan untuk mengetahui apakah sebuah compound word merupakan noun atau selainnya.