Pengertian catenati...
 

Pengertian catenative verb dan contoh kalimatnya

1 Posts
1 Users
0 Likes
52 Views
indah kartika handayani
Posts: 28
Topic starter
(@indah)
Member
Joined: 4 years ago

Apa yang dimaksud dengan catenative verb dan bagaimana contoh penggunaannya dalam suatu kalimat bahasa Inggris?

Sebelum membahasnya, mari kita ingat dulu apa yang dimaksud dengan verb. Verb atau kata kerja adalah sebuah kata dalam bahasa Inggris yang berfungsi untuk menjelaskan apa yang dilakukan oleh subject. 

Pengertian Catenative Verb

Catenative verb are verbs that can be followed directly by another verb — the second verb variously in the to-infinitive, bare infinitive, or present participle / gerund form. Catenative verb merupakan sebuah verb atau kata kerja yang diikuti oleh verb form yang lainya yang berfungsi sebagai complement atau pelengkap. Catenative verb juga banyak digunakan untuk menjelaskan mental process dalam kalimat bahasa Inggris.

Catenative verb ada 2 yaitu yang dapat diikuti oleh infinitive dan yang dapat diikuti oleh gerund. Verb yang biasa diikuti oleh infinitive yaitu agree, advice, ask dan juga feel. Sedangkan yang biasanya diikuti oleh gerund yaitu advice, enjoy, hear dan juga watch) atau yang dapat diikuti oleh keduanya yaitu begin, love, start dan juga stop.

Contoh:

She taught me to love my self (dia mengajariku untuk mencintai diriku sendiri) kata to love my self merupakan bentuk catenative dari kata taught.

Contoh kalimat bahasa Inggris menggunakan catenative verb

  • We learn to respect our self (kami belajar untuk menghargai diri kami sendiri)
  • My mom taught me to cook delicious food (ibuku mengajari ku untuk memasak makanan yang enak)
  • You need to listen this music carefully in order you can know the lyric (kamu butuh mendengarkan musik inidengan hati-hati agarsupaya kamu dapat tau liriknya)
  • We decide to watch the movie together (kami memutuskan untuk menonton film itu bersama-sama)
  • He tries to stop smoking (dia mencoba untuk berhenti merokok)
  • We need to meet you now (kami butuh bertemu dengan mu sekarang)