Pengertian adjectiv...
 

Pengertian adjective of quality serta contoh dan penggunaannya dalam kalimat

1 Posts
1 Users
0 Likes
1 Views
ChatGPT Gratis, Tanpa Login Tanpa Daftar, 100% FREE to use, Unlimited
Tanya pertanyaan apapun

Bagikan:

Posts: 29
 eros
Topic starter
(@eros)
Member
Joined: 4 years ago

Apa yang dimaksud dengan adjective of quality dan bagaimana contoh serta penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris?

Pengertian

Adjective of quality adalah kata sifat yang menunjukkan mutu atau kualitas dari suatu noun. Adjective of quality memberikan informasi lebih lanjut tentang noun, seperti warna, ukuran, bentuk dan lain sebagiannya dari noun tersebut.

Jenis dan contoh adjective of quality

Jenis adjective yang bisa digunakan untuk mendeskripsikan adjective of quality. Yaitu:

  1. General Adjective. Seperti: dusty, hairy, angry, melancholy, tall, dan lain sebagiannya.
  2. Adjective yang mendeskripsikan tentang penampilan suatu noun. Seperti: adorable, attractive, alluring, beautiful, bewildered, bright, confident, cheerful, dan lain sebagiannya.
  3. Adjective yang mendeskripsikan tentang kepribadian suatu noun. Seperti: aggressive, ambitious, amused, brave, cruel, wise, warm, happy, dan lain sebagiannya.
  4. Adjective yang mendeskripsikan tentang perasaan suatu noun. Seperti: afraid, angry, anxious, bad, bored, calm, confused, comfortable, dan lain sebagiannya.
  5. Adjective yang mendeskripsikan tentang bentuk suatu noun. Seperti: broad, crooked, rectangular, spherical, triangular, round, dan lain sebagiannya.
  6. Adjective yang mendeskripsikan tentang ukuran suatu noun. Seperti: big, large, colossal, gigantic, huge, miniature, tall, thin, great, tiny, dan lain sebagiannya.
  7. Adjective yang mendeskripsikan tentang waktu dari suatu noun. Seperti: ancient, modern, brief, early, annual, fast, old, late young, annually, monthly, dan lain sebagiannya.
  8. Adjective yang mendeskripsikan tentang suara dari sebuah noun. Seperti: blaring, cooing, loud, melancholic, noisy, silent, thundering, whispering, dan lain sebagiannya.
  9. Adjective yang mendeskripsikan tentang jumlah dari suatu noun. Seperti: abundant, considerable, few, extra, multiple, heavy, empty, myriad, many, numerous, dan lain sebagiannya.
  10. Adjective yang mendeskripsikan tentang rasa dari suatu noun. Seperti: bitter, salty, hot, icy, delicious, spicy, sweet, juicy, sour, dan lain sebagiannya.
  11. Adjective yang mendeskripsikan tentang sentuhan dari suatu noun. Seperti: rough, smooth, scattered, sticky, slippery, sharp, soft, dry, wet, dan lain sebagiannya.
  12. Adjective yang mendeskripsikan tentang warna dari suatu noun. Seperti: aqua, black, white, blue, gold, crimson, cyan, red, green, yellow, magenta, orange, dan lain sebagiannya.
  13. Adjective yang mendeskripsikan tentang kualitas suatu noun. Seperti: great, fantastic, good, worthless, mediocre, dan lain sebagiannya.

Contoh penggunaannya dalam kalimat:

  1. Aren’t you a clever girl to think of a way to complete the problem that quickly! (Bukankah Anda seorang gadis yang pandai memikirkan cara untuk menyelesaikan masalah secepat itu!)
  2. Big tears rolled down her beautiful cheeks. (Air mata besar mengalir di pipinya yang indah.)
  3. The square shaped kite is flying in the air. (Layang-layang berbentuk persegi itu terbang di udara.)
  4. The racing car runs over the calm surface. (Mobil balap berjalan di atas permukaan yang tenang.)
  5. Nina’s hair is very shining and smooth. (Rambut Nina sangat berkilau dan halus.)
  6. The fatty woman went through the tiny passage easily. (Wanita gemuk itu melewati lorong kecil dengan mudah.)
  7. Cracked heels are very painful. (Tumit pecah-pecah sangat menyakitkan.)
  8. The empty plate was a sign that the hungry boys enjoyed their meal. (Piring kosong adalah tanda bahwa anak-anak yang lapar menikmati makanan mereka.)
  9. The lovely roses are carefully tended by a sweet old lady who lives near me. (Mawar yang indah dirawat dengan hati-hati oleh seorang wanita tua manis yang tinggal di dekat saya.)

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan adjective of quality

  1. Adjective of quality menyatakan perbandingan atau kemiripan yang sama pada suatu noun.
  2. Adjective of quality mendeskripsikan karakteristik atau opini dari suatu kata benda. 
  3. Adjective of quality digunakan setelah kata nothing, anything, something, everything, everybody, somebody, dan sebagainya. 4. Ketika menggunakan 2 (dua) adjective dari grup yang sama dapat menggunakan kata tambahan ‘dan’. Jika menggunakan 3 (tiga) / lebih adjective dari grup yang sama, maka harus menggunakan tanda koma (,) serta ‘dan’ untuk dua adjective terakhir.

Itu tadi penjelasan tentang pengertian adjective of quality beserta dengan contoh dan penggunaannya dalam kalimat.