...

Aturan penggunaan i...
 

Aturan penggunaan independent clause dan dependent clause dalam complex sentence beserta contohnya


Posts: 23
 zainal arifin
Topic starter
Member
Joined: 4 years ago

Bagaimana aturan penggunaan independent clause dan dependent clause dalam complex sentence serta bagaimana contoh kalimatnya?

Klausa merupakan susunan kata yang memiliki subyek dan predikat. terdapat dua jenis klausa, yakni klausa bebas (Independent clause) dan klausa terikat (dependent clause). Klausa bebas ialah klausa yang mengandung informasi penting sehingga ia dapat berdiri sendiri.

Berbeda halnya dengan Independent clause, ia merupakan klausa yang bergantung dengan klausa yang lainnya. Apabila ia dihilangkan, hal tersebut tidak akan berpengaruh pada keseluruhan kalimat. Ada aturan-aturan khusus yang harus diterapkan.

Aturan tersebut bersesuaian dengan apa yang tertera di dalam grammar bahasa Inggris. Penggunaan Independent clause dan  dependent clause in complex sentence juga memiliki aturannya sendiri. Nah berikut ini penjelasannya:

1. Menggunakan Kata Hubung di Antara Keduanya

Kedua jenis clause tersebut harus dihubungkan oleh kata hubung. Kata hubung yang dimaksud dapat berasal dari parts of speech (unsur-unsur penyusun kata) seperti kata hubung (conjunction), kata relative pronoun, dan lain sebagainya. Dengan adanya kata hubung ini, diharapkan Independent clause dan dependent clause yang ada di dalam kalimat kompleks dapat terhubung dengan baik.

2. Harus Memiliki Hubungan yang Logis

Syarat kedua adalah hubungan di antara keduanya haruslah logis. Ketika tidak ada hubungan yang logis, maka kalimat tersebut akan gugur sebagai sebuah kalimat.

3. Menggunakan Tanda Hubung

Opsi lain dari penggunaan kata hubung ialah menggunakan tanda baca yang digunakan sebagai penghubung seperti tanda baca koma ( , ). Tanda ini dapat menjadikan Independent clause dan dependent clause terhubung satu sama lain dalam kalimat kompleks. 

Agar  dapat memahami seperti apa kalimat kompleks, berikut ini contoh penggunaan Independent clause and dependent clause in compleks sentence dalam bahasa Inggris:

  • I need the book that you borrowed last week

(saya membutuhkan buku yang kamu pinjam pekan lalu)