Sejarah kosakata ba...
 

Sejarah kosakata bahasa Inggris menurut Oxford Advanced Learner's Dictionary  

  RSS

khansa
(@khansa)
Eminent Member
Joined: 7 months ago
Posts: 25
21/05/2019 1:08 am  

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa di dunia yang paling kaya vocabulary (kosakata). Ternyata hal ini karena ia memiliki sejarah yang panjang. Bahasa Inggris tidak selalu seperti skrg ini loh. Bisa dibilang Bahasa Inggris yang kita pakai dan tahu sekarang ini adalah "modern English". Selama berabad-abad, Bahasa Inggris telah menyerap kata-kata yang berasal dari berbagai bahasa. Mari kita lihat asal-usul lini masa sejarahnya bersumber dari Oxford Advanced Learner's Dictionary.

1) Anglo-Saxon. Bahasa Inggris berkembang dari Anglo-Saxon, atau juga dikenal sebagai "Old English", dibawa oleh suku-suku dari Jerman. Suku-suku dari Jerman itu adalah Angles, Saxons, dan Jutes, yang datang pada abad 5 Masehi. Dari mereka pula "England" mendapat namanya. England berasal dari "the land of the Angles" (tanah orang Angles). Para penyerbu dari Jerman ini menyumbangkan banyak kosakata. Beberapa kata yang berasal dari masa Anglo-Saxon antara lain: man, breed, eat, shire, woman, work, house.

2) Latin. Di akhir abad 6, sekelompok biarawan datang sebagai utusan dari Roma, Italia, untuk memperkuat agama Kristen di Inggris. Pada saat itu, kata-kata yang diserap dari Bahasa Latin ke Bahasa Inggris kebanyakan adalah yang berhubungan dengan agama dan pembelajaran. Beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang berasal dari Bahasa Latin antara lain: school, pope, candle, minister, verse, mass.

3) Old Norse. Pada abad 9 dan 10, datang penyerbu dari Skandinavia dan menguasai sebagian besar wilayah di bagian timur Inggris. Banyak kata sehari-hari dalam "modern Inggris" diambil dari Old Norse, yang masih ada hubungannya dengan Anglo-Saxon. Banyak nama tempat berakhiran dengan "-by" yang dalam Bahasa Old Norse sendiri artinya adalah "desa". Contoh: Whitby. Beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang berasal dari Bahasa Old Norse antara lain: sky, call, dirt, leg, take.

4) French (Bahasa Perancis). Ketika Inggris ditaklukkan oleh Bangsa Norman dari utara Perancis pada 1066, Bahasa Perancis menjadi bahasa kaum penguasa. Banyak kata dalam "modern English" yang menjelaskan tentang sistem pemerintahan dan hukum, serta masak-memasak berasal dari Bahasa Perancis pada saat itu. Beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang berasal dari Bahasa Perancis antara lain: sovereign, govern, braise, mutton, court, advise, veal.

5) Latin dan Greek (Yunani). Banyak kata dari Bahasa Latin masuk ke dalam Bahasa Inggris melalui Bahasa Perancis. Namun Abad Renaisans pada abad 15 dan 16 membuat orang begitu tertarik pada pembelajaran klasik atau kuno. Kata-kata dari Bahasa Latin dan Yunani ramai digunakan. Beberapa kata yang berasal dari Bahasa Latin dan Yunani antara lain: physics, architecture, compute, educate, radius, history.

6) Worldwide (dari seluruh dunia). Bahasa Latin dan Yunani masih digunakan sebagai sumber kata baru, terutama berhubungan dengan ilmu pengetahuan. English speaker (pengguna Bahasa Inggris) sekarang mengambil kata dari berbagai sumber di bahasa lain, untukmenjelaskan fenomena yang tidak ada dalam Bahasa Inggris. Beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang berasal dari seluruh dunia antara lain: telephone, tea, tattoo, futon, video, sauna.


Quote
Share: