Perbedaan "collecta...
 

Perbedaan "collectable" dan "collectible" beserta contoh kalimatnya

1 Posts
1 Users
0 Likes
1 Views
ChatGPT Gratis, Tanpa Login Tanpa Daftar, 100% FREE to use, Unlimited
Tanya pertanyaan apapun

Bagikan:

Posts: 44
 izza
Topic starter
(@izza)
Member
Joined: 2 years ago

Kata "collectable" dan "collectible" sebenarnya memiliki arti yang serupa, yaitu mengacu pada barang atau benda yang memiliki nilai atau daya tarik untuk dikumpulkan oleh para kolektor. Lalu di mana letak perbedaannya?

Beberapa orang mungkin lebih memilih salah satu kata daripada yang lain berdasarkan preferensi personal atau gaya penulisan masing-masing personal.

Namun, ada juga pendapat bahwa "collectable" lebih cenderung mengacu pada barang-barang yang memiliki nilai koleksi atau daya tarik tertentu, sementara "collectible" cenderung lebih umum dan dapat mencakup berbagai barang yang dikumpulkan. Meskipun perbedaan ini sangat tipis, namun dalam praktiknya, banyak orang menggunakan keduanya secara bergantian tanpa memperhatikan perbedaan tersebut.

Dalam penggunaan sehari-hari, tidak jarang melihat keduanya digunakan untuk merujuk pada barang koleksi tanpa adanya perbedaan yang nyata dalam arti. Oleh karena itu, dalam banyak konteks, perbedaan antara "collectable" dan "collectible" bisa dianggap lebih sebagai perbedaan gaya atau preferensi pribadi daripada perbedaan dalam arti.

Berikut ini contoh penggunaan kata "collectable" dan "collectible" dalam kalimat bahasa Inggris:

"Collectable"

  1. I have a collection of vintage stamps, and some of them are quite collectable. (Saya memiliki koleksi perangko antik, dan beberapa di antaranya cukup bernilai koleksi.)
  2. The antique shop specializes in selling collectable items from different eras. (Toko antik ini mengkhususkan diri dalam menjual barang-barang koleksi dari era yang berbeda.)
  3. The rare coin was considered highly collectable by numismatists. (Koin langka itu dianggap sangat bernilai koleksi oleh ahli numismatik.)
  4. The limited edition action figures became highly collectable among enthusiasts. (Boneka aksi edisi terbatas menjadi sangat bernilai koleksi di kalangan penggemar.)
  5. The artist's early works are becoming increasingly collectable as his fame grows. (Karya awal seniman tersebut semakin bernilai koleksi seiring dengan meningkatnya ketenarannya.)

"Collectible"

  1. The rare stamp is considered a valuable collectible among philatelists. (Perangko langka tersebut dianggap sebagai barang koleksi yang berharga di kalangan kolektor perangko.)
  2. The vintage car is not only a mode of transportation but also a collectible for car enthusiasts. (Mobil antik bukan hanya sebagai alat transportasi tetapi juga sebagai barang koleksi bagi penggemar mobil.)
  3. Limited edition art prints are often sought after by art collectors as valuable collectibles. (Cetakan seni edisi terbatas sering dicari oleh kolektor seni sebagai barang koleksi bernilai.)
  4. The old comic books are considered collectible items, especially among comic book aficionados. (Komik-komik lama dianggap sebagai barang koleksi, terutama di kalangan penggemar komik.)
  5. Some people see vintage toys not just as playthings but as historical collectibles. (Beberapa orang melihat mainan antik bukan hanya sebagai mainan, tetapi juga sebagai barang koleksi sejarah.)

 Itu tadi penjelasan mengenai perbedaan "collectable" dan "collectible" beserta contoh kalimatnya.

Topic tags