Pengertian, fungsi,...
 

Pengertian, fungsi, dan contoh factual report bahasa Inggris  



  RSS

eko sumarsono
(@eko)
Trusted Member
Joined: 2 years ago
Posts: 94
28/02/2019 10:30 am  

Factual report merupakan salah satu jenis teks yang menjelaskan sesuatu berdasarkan fakta, realitas, atau kenyataan atau sebuah teks yang terdiri dari fakta-fakta. Ia bukan jenis teks yang terdiri dari teori-teori tertentu atau pedapat pribadi sehingga factual report bersifat objektif.

Terdapat berbagai macam tenses yang digunakan dalam factual report, biasanya yang banyak digunakan adalah simple present tense dan present continuous tense. Ada beberapa fungsi factual report dalam bahasa Inggris. kita perlu memahami fungsi dari factual report agar kita dapat menggunakannya dengan baik. Adanya fungsi dari factual report tersebut akan membedakan factual report dengan berbagai jenis teks yang lainnya. Berikut ini fungsi factual report dalam bahasa Inggris:

  • Menjelaskan Fakta Tentang Sesuatu

Fungsi utama dari factual report adalah untuk menjelaskan fakta tentang suatu hal. Biasanya ia menjelaskan secara menyeluruh. Hal-hal yang dapat dijelaskan dengan factual report adalah hal yang berasal dari alam atau buatan manusia. berikut ini contoh teksnya:

Cat is an animal that include in one of felidae family, just like Tiger and lion. Cat is also a mammal animal so it gave birth to its Children and feeding them Milk. It can live until more than 12 years. There are many kinds of cat that have been known in this World. the cat that we often meet is domestic cat but the most favorite kinds are persian cat and angora cat because their beautiful fur.

  • Pendukung dalam Karya Ilmiah

Selain fungsi tersebut, factual report juga dapat digunakan sebagai pendukung di dalam karya ilmiah. Hal ini dikarenakan di dalam karya ilmiah diperlukan banyak factual report untuk mendukung hipotesis atau dugaan ilmiah kita. Berikut ini contoh factual report sebagai pendukung dalam karya ilmiah:

Eleutherine palmifolia L. Merr having antioxidant activity, its because of contain flavonoid fenolat and tanin. These compounds have effect in preventif of free radial which cause prematur aging. Research on etanol extract of E palmifolia L. Merr wich formulated into antioxidant Cream have been done by applying variation on TEA emulgator and stearic acid.

Semoga bermanfaat 🙂


Quote