Istilah tahapan kegiatan percakapan melalui telepon dalam bahasa Inggris


Posts: 4
Topic starter
New member
Joined: 3 years ago

Saat melakukan percakapan melalui telepon, biasanya pertama kali kita akan memperkenalkan diri kita, maksud kita menelepon, dan kepada siapa kita akan berbicara. Serangkaian kegiatan bertelepon ini saya rangkum dalam tulisan ini.

Berikut ini macam-macam istilah dalam bertelepon menggunakan bahasa Inggris

1.Mengucapkan salam (Greeting)

Hal yang paling umum di lakukan di semua negara ketika sedang menerima telepon adalah mengucapkan salam, begitu juga ketika sedang menelepon, di dunia barat juga menerapkan sistem yang sama, sebagai sebuah kesopanan atau politeness mereka harus mengucapkan salam sebelum bertelepon, jika di Indonesia memakai salam ‘assalamualaikum’ atau ‘halo’ maka di luar negri bisa dengan mengucapkan ‘hello’ atau ‘this is 00932456’.

2. Mengenalkan diri (Introduction)

Hal selanjutnya yang wajib kita lakukan ketika bertelepon dalah bahasa Inggris adalah dengan cara mengenalkan diri, contoh “hello, this is rahayu’ atau ‘could I know who’s calling?’, mengenalkan diri bisa erupakan sebuah opening atau pembukaan ketika kita hendak bertelepon.

2.Menyampaikan tujuan bertelepon

setelah mengenalkan diri atau menanyakan siapa yang menelepon, maka yang harus di lakukan selanjutnya adalah menyampaikan maksud untuk menelepon, misalkan : ‘Any Randi there? I want say something with him’ atau  Could I talk a little with your boss?’ dan yang lazim yaitu ‘do you have time to talking with me?’ dan lain sebagainya.

3. Meminta untuk menahan atau menyambungkan panggilan

Ketika sedang bertelepon biasanya kita meminta lawan bicara kita untuk menahan telepon selama beberapa menit karena kita terganggu oleh aktifitas lainya atau meminta untuk menyambungkan kepada seseorang, seperti ‘please connecting this call to Ratna’ atau ‘I will transfer your call’ dan masih banyak istilah lainya lagi.

4.Meninggalkan Pesan

ketika bertelepon tetapi kita tidak dapat bertelepon dengan orang yang kita tuju, maka biasanya kita meninggalkan pesan untuk disampaikan kepada yang kita maksudkan. Contoh : ‘Please tell laura to call me back’ atau ‘may I leave a message for him?’

5.Meminta Berbicara pelan atau mengulangi kalimat yang telah di bicarakan

ketika sedag bertelepon biasanya kita kurang jelas dan kurang mengerti dengan kata-kata tertentu, dan biasanya kita meminta lawan bicara untuk mengulangi atau berbicara lebih pelan lagi, contoh: ‘my english is not too good, could you speak slowly?‘ ‘pardon, I don’t hear your last sentence’ dan sebagainya.

Contoh Percakapan Melalui Telepon Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Contoh 1:

Alex : Good morning, I’d like to talk to Bobi please? (Selamat Pagi, saya ingin berbicara dengan bobi)

anna : Good Morning, sir. Iam sorry but Mr Bobi is not here at the moment, would you like to leave him a message? (selamat pagi, tuan. maaf, tuan bobi tidak disini sekarang, apakah anda ingin meninggalkan sebuah pesan?)

Alex : Yes please, tell him that Mr Alex needs to contact him (ya tolong katakan bahwa tuan alex perlu bicara dengan nya)

Anna : Sure, I will tell him, does he has your phone number? (tentu saya akan mengatakan padanya, apakah dia memiliki nomer anda?)

Alex : Yes, he has it, thank you (ya, dia memilikinya, terimakasih)

Anna : You’re wellcome, something’s else (sama-sama, ada yang lain)

Alex : No, that’s all, good bye (tidak itu saja, selmat tinggal)

Anna : good bye, alex (selamat tinggal alex)

Contoh 2:

Dinda : Hello Dinda Speaking! will you call Aldo please? (halo ini dinda! bisa bicara dengan aldo?)

Raja : Sure please hold on (tentu saja, tolong tunggu sebentar)

Aldo : hello, Iam aldo (halo, aku aldo)

Dinda :  Hello Aldo, Iam dinda. are you busy now? (halo aldo, saya dinda. kamu sibuk sekarang?)

Aldo : No, whats up sister? (tidak, ada apa?)

Dinda : Are you going to the office alone? (kamu berangkat ke kantor sendiri?)

Aldo : Yes, shoul I come that way? (tentu, mau aku jemput?)

Dinda : sure Aldo (tentu aldo)

Aldo : okay, be ready at 7 am I will go to your home (oke bersiap-siap pada pukul 7 aku akan datang kerumah mu)

Dinda : okay, thank you Aldo (oke, terimakasih aldo)

Topic tags