Random Questions

A: "____ brush your teeth?" B: "Three times a day."
A.
B.
C.
We ____ have friends over for dinner.
A.
B.
C.

 

Cara belajar tenses...
 

Cara belajar tenses bahasa Inggris yang mudah dan menyenangkan  


Posts: 65
(@restu)
Trusted Member
Joined: 2 years ago

Bagaimana cara mudah dan menyenangkan belajar tenses? Nah beberapa cara berikut ini bisa Anda coba.

1.Tehnik Moving Interview

Tehnik ini menggunakan dengan cara membuat 5 sampai 10 pertanyaan, dengan kata ” have your ever ” dan ditulis dalam bentuk tabel seperti ini:

No.QuestionsYesNo
1Have you ever ridden a horse?
2Have you ever watched a horror movie?
3Have you ever been to Bali?
4Have you ever played the game?
5Free question from student

Lalu, minta setiap siswa mengajukan pertanyaan satu persatu kepada teman yang lainnya selama 3 – 5 menit. Jumlah pertanyaan dan waktu “berdialog” disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada.

Jika menjawab yes, siswa harus memberi tanda pada tabel “yes” dan sebaliknya tanpa menuliskan nama siswa yang ia diajak berdialog. Ide ini amat membantu untuk melatih kemampuan berbicara siswa sekaligus mempraktekkan Cara Belajar Tenses Yang Menyenangkan dalam penggunaan Present Perfect Tense dalam kalimat.

2. Pertanyaan yang Lucu atau Konyol

Tehnik ini dapat dilakukan saat belajar Present Tense atau Present PerfectTense atau tenses yang lain. Tehnkiknya mirip dengan ide di atas, bedanya, siswa diminta membuat 5 atau lebih pertanyaan konyol.

Misalnya: have you ever been ridden an elephant?, have you ever beenseen ghost? dan sebagainya. Lalu, buat tabel yang sama seperti di atas, kemudian minta teman kamu secara bergantian saling mewawancarai dengan satu dengan yang lainnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempraktekkan tenses yang telah dipelajari. Agar bisa berjalan efektif dan mudah dipahami, hal juga bisa dilakukan wawancara di depan guru untuk diberi nilai.

3. Dengan Lagu – lagu dan Video

Dengan tehnik lagu dan video bisa menjadi metode pembelajaran yang selalu menarik minat bagi siswa, karena biasanya mereka suka mendengarkan musik dan video. Pilih satu lagu yang sesuai dengan tenses yang sedang dipelajari. Buat teks lagu dan kosongkan sebagian.

Jika tenses yang dipelajari adalah Present Tense contohnya, tentu saja bagian yang dikosongkan adalah kata kerja atau ha lain yang berhubungan dengan tenses tersebut. Putarkan lagu dengan video gambar maksimal 3 kali. Tentu ini merupakan cara belajar tenses yang menyenangkan terutama kepada siswa yang cepat merasa bosan.

4. Action Games

Tehnik ini dapat dilakukan saat mempelajari Present ContinousTense. Caranya, bagi siswa ke dalam beberapa grup. Berikan 5 kata kerja, harus berbentuk action verbs, pada satu orang di grup pertama. Conth kata-katanya adalah, drinking, swimming, painting, touching dan peeping. Minta perwakilan kelompok itu memperagakan kata kerja yang tersebut dalam waktu 3 menit, lalu teman-teman dalam grup harus menebak apa yang sedang ia lakukan.

Murid yang maju dilarang menanyakan arti kata yang diberikan. Untuk menciptakan konteks kalimat, di awal permainan guru dapat mengatakan: “what is she doing now?”. Di babak kedua, guru dapat memberikan lebih banyak kata kerja, misalnya 10, dengan waktu lebih panjang, misalnya 4 – 5 menit.

Permainan ini dapat menarik siswa, karena pasti sangat menyenangkan dan seru. Cara lainnya, bisa saja guru meminta siswa berdiskusi untuk mencari kata-kata kerja yang akan ditebak oleh kelompok lain.

5. Tebak Gambar

Tehnik tebak gambar bisa saja membuat siswa merasa antusias dan juga menjadi atraktif untuk menebak arti dalam kalimat tenses yang tepat. Caranya cukup mudah, carilah gambar yang menjelaskan kegiatan yang simple yang berhubungan dengan tenses.

Kemudian setiap siswa ditunjuk untuk maju ke depan sambil menjelaskan arti gambar dengan kalimat yang sudah diberikan contoh sebelumnya. Tentu hal ini dapat memancing motorik otak dan daya ingat jika dilakukan secara berkala dan bervariasi.