...

Pengertian perfect ...
 

Pengertian perfect modal dan contoh kalimatnya


Posts: 91
 halimah
Topic starter
Member
Joined: 4 years ago

Apa pengertian perfect modal dan bagaimana contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris?

Perfect modal adalah suatu struktur kalimat yang berbentuk: Modal Verb + Have + Past Participle. Modal verb yang digunakan juga mengindikasikan berbagai macam fungsi dan beberapa diantaranya yang sering digunakan adalah should, would, might, must, can, dan may.

Untuk memahami bagaimana bentuk dari kalimat perfect modal, berikut ini adalah rumusnya:

modal verb + have + past participle

Contoh kalimat perfect modal:

1. Should Have + Past Participle

Should have di gunakan untuk membicarakan atau mengatakan hal yang seharusnya sudah terjadi, tetapi pada kenyataannya belum terjadi. Misalnya, saat ini seharusnya anda sudah menerima hadiah dari teman baik anda, namun pada kenyataannya belum.

Contoh:

  • She should have celebrated her birthday this month. (Dia seharusnya telah merayakan ulang tahunnya bulan ini)
  • He should have sent the book this week. (Dia seharusnya sudah mengirimkan bukunya minggu ini)
  • They should have arrived in hotel last night. (Mereka seharusnya sudah tiba di hotel tadi malam)

2. Could Have + Past Participle

Could have di gunakan untuk membicarakan sebuah hal yang bisa dilakukan pada masa lalu, namun tidak dilakukan atau sudah dilakukan namun belum berhasil. Contohnya anda pada dasarnya bisa mendapatkan ranking 1 di kelas, namun karena anda tidak belajar maka anda tidak bisa memperoleh ranking 1.

Contoh:

  • Salma could have bought a new handphone, but she prefered to buy a best seller book. (Salma sudah bisa membeli sebuah handphone baru tetapi dia lebih memilih membeli buku yang paling laris)
  • I could have made a new dress, but I prefered to make a new recipe of cake. (Aku sudah bisa membuat baju baru, tetapi aku memilih membuat kue resep baru)
  • He could have driven a car, but he prefered to use a motorcycle. (Dia sudah bisa mengemudikan mobil, tetapi dia lebih memilih untuk menggunakan motor)

3. Would Have + Past Participle

Would have di gunakan untuk memberikan pernyataan mengenai peristiwa yang akan terjadi di masa lampau, namun pada kenyataannya tidak terjadi. Misalnya, kemarin anda akan menonton film di bioskop jika anda tidak ada pekerjaan rumah.

Contoh:

  • I would have made many articles if I didn’t have any problems. (Aku akan membuat banyak artikel jika aku tidak mempunyai banyak masalah)
  • She would have had a new laptop if she didn’t use her money for shopping. (Dia akan mempunyai laptop baru jika dia tidak menggunakan uangnya untuk berbelanja)
  • Vino would have gone to the French if he didn’t get an accident. (Vino akan pergi ke Perancis jika dia tidak mendapatkan kecelakaan)

4. Might/May/Could Have + Past Participle

Might/may/could have ini di gunakan untuk membicarakan kemungkinan-kemungkinan yang ada di masa lampau. Contohnya, bulan lalu anda melihat orang yang begitu gembira karena mempunyai smartphone terbaru, lalu anda mengatakan “mungkin smartphone tersebut begitu canggih”. Nah, kemungkinan yang anda ucapkan tersebut bisa diaplikasikan menggunakan might/may/could have dan past participle.

Contoh:

  • She might have worked hard because she was very tired yesterday. (Dia mungkin bekerja keras karena dia sangat lelah kemarin)
  • Rahmi could have received a big surprise from her family because she was very happy last week. (Rahmi mungkin menerima kejutan yang besar dari keluarganya karena dia sangat bahagia minggu lalu)
  • I might have put my favorite book in wrong place because I was very sad to lose it yesterday. (Aku mungkin meletakkan buku kesukaanku di tempat yang salah karena aku sangat sedih menghilangkannya kemarin)

5. Must Have + Past Participle

Must have di gunakan karena merasa yakin bahwa sesuatu hal sudah terjadi di masa lampau. Misalnya, komputer anda telah rusak dan yang tinggal di rumah hanyalah anda dan adik anda, maka biasanya, 100% anda yakin bahwa ialah yang merusakkan komputer.

Contoh:

  • He must have given a food his pet. (Dia sudah pasti memberi makanan hewan peliharaannya)
  • I must have got the scholarship this year.(Aku sudah pasti mendapatkan beasiswa tahun ini)
  • They must have followed the best program this month. (Mereka sudah pasti ikut program terbaik bulan ini)

Itu tadi penjelasan mengenai pengertian perfect modal dan contoh kalimatnya.

Topic tags