Contoh percakapan b...
 

Contoh percakapan bahasa Inggris di pegadaian  

  RSS

jasmine
(@jasmine)
Trusted Member
Joined: 12 months ago
Posts: 60
13/03/2019 2:51 am  

Pegadaian adalah tempat untuk mendapatkan pinjaman uang dalam waktu cepat, dengan menjadikan barang berharga yang kita miliki sebagai jaminan. Bagaimana transaksi terjadi dalam sebuah toko pegadaian atau pawn shop? Simak contoh percakapan berikut.

Dialogue I

A: Good morning, how may I help you? (Selamat pagi, ada yang bisa saya bantu?)

B: Hi, I’m thinking of putting my belongings in hock to get some cash but I still don’t know how to go about it. (Hai, saya berpikiran untuk menggadaikan barang-barang saya untuk mendapatkan uang, tapi saya belum tahu prosedurnya)

A: Well, it’s pretty easy. First, the thing used as collateral must be something worth money, like jewels or watches. The amount of money you’ll get is a fraction of your item’s value. You can repay the loan within 3-4 months, with all the fees and interest. (Mudah saja. Pertama, barang yang dijadikan jaminan harus sesuatu yang berharga seperti perhiasan atau jam tangan. Besar uang yang akan kau dapatkan adalah pecahan dari nilai barangmu. Kau bisa membayar pinjaman dalam waktu 3-4 bulan, beserta biaya dan bunganya)

B: But I can get my item back, can’t I? (Tapi saya bisa dapatkan barang saya kembali, kan?)

A: Only if you repay the money by the deadline. Or else, we’ll put it for sale.  (Hanya jika kau membayar uangnya pada tenggat waktu. Kalau tidak, kami akan menjualnya)

B: Do you only take jewels and watches? (Apakah Anda hanya menerima perhiasan dan jam tangan?)

A: Those are preferable here, but it could also be anything that is worth money. Consider how much loan you need; because you’ll only get 30-60% of the item’s value. You can also sell your items to us. (Itu lebih disukai di sini, tapi bisa apa saja yang berharga. Pertimbangan berapa besar pinjaman yang kau butuhkan; sebab kau hanya mendapat 30-60% dari nilai barangnya. Kau juga bisa menjual barangmu kepada kami)

B: I got it. I’ll get back here with my Rolex tomorrow. (Saya paham. Saya akan kembali kemari dengan Rolex-ku besok)

Dialogue II

A: Welcome, what can I do for you? (Selamat datang, apa yang bisa saya bantu untuk Anda?)

B: I’m here for pawning my watch. (Saya kemari untuk menggadaikan jam tangan saya)

A: Can I see it? (Boleh saya lihat?)

B: Here it is. It’s a Rolex watch. (Ini. Ini adalah jam tangan Rolex)

A: How long have you had it? (Berapa lama kau memilikinya?)

B: It’s a gift form a friend, I got it like 5 years ago. (Ini hadiah dari seorang teman, kudapat sekitar 5 tahun lalu)

A: This item is worth $3500. (Barang ini bernilai $3500)

B: Are you kidding me? I’ve done my research, and it’s worth at least $4800. (Apakah Anda bercanda? Saya sudah melakukan riset, dan setidaknya ini bernilai $4800)

A: This item is a little bit too older than what people usually brought here. To be fair, what if you give me a time to take this watch to an appraiser? (Barang ini agak terlalu tua dari yang biasa orang bawa kemari. Agar adil, bagaimana jika Anda beri saya waktu untuk membawa jam tangan ini ke juru taksir?)

B: How long will that take? (Berapa lama?)

A: Approximately a day. (Sekitar satu hari)

Dialogue III

A: Welcome. (Selamat datang)

B: Hello, I’m thinking of hocking and selling a few things. Here’s my ID card. (Halo, saya berpikiran untuk menggadaikan dan menjual beberapa barang. Ini kartu identitas saya)

A: Let me see what you have. (Biar saya lihat yang kau punya)

B: I’m selling my video games collection and also this ring. How much are they worth? (Saya akan menjual koleksi video game saya dan juga cincin ini. Berapa nilainya?)

A: Hmm… I’ll take these games for $1 each. (Hmm… Akan saya ambil game ini seharga $1 satuannya)

B: Give me $2. (Beri saya $2)

A: $1.5 each, how about that? ($1.5 satunya, bagaimana?)

B: I got 5 games in there, give me $9. (Saya ada 5 game di sana, beri saya $9)

A: Fine. (Baiklah)

B: What about this ring? (Bagaimana dengan cincin ini?)

A: Does it come with anything? (Apa ada kelengkapannya?)

B: No, that’s all I have. Don’t worry, I got it from my grandma. It’s not stolen.(Tidak ada, itu saja yang saya punya. Jangan khawatir, saya dapat ini dari nenek saya. Ini bukan curian)

A: I’ll need to bring it to an expert to see how much it’s worth. It’ll take 1-2 days. (Saya perlu membawanya ke seorang ahli untuk menentukan nilainya. Butuh 1-2 hari)

B: Never mind, I need my cash today. Just take this laptop, tell me how much loan I can get and the interest. (Sudahlah, saya butuh uangnya hari ini. Ambil laptop ini, beritahu berapa pinjaman yang saya dapat berikut bunganya)

A: I’ll give you $500 for this Macbook Air. We offer low interest rates as much as $4 since you’re a student. And you can redeem your item within 90 days. (Saya akan beri $500 untuk Macbook Air ini. Kami menawarkan bunga rendah sebesar $4 sebab kau adalah seorang mahasiswa. Dan, kau bisa menebus barangmu dalam kurun waktu 90 hari.)

B: Is there any additional fees? (Apakah ada biaya tambahan?)

A: Yes, you will be charged $10 for 3 months storage fee. (Ya, kau akan dikenai $10 untuk biaya penyimpanan selama 3 bulan)

B: How long is the grace period? (Berapa lama masa tenggangnya?)

A: I’ll give you 10 days. (Saya beri 10 hari)

B: Great. (Baik)


Quote
Share: