Aturan dan contoh p...
 

Aturan dan contoh penggunaan kata 'yet' dalam kalimat bahasa Inggris

0 Posts
1 Users
0 Likes
363 Views
prasiska
Posts: 75
Topic starter
(@prasiska)
Member
Joined: 4 years ago

Bagaimana aturan dan contoh penggunaan kata 'yet' dalam kalimat bahasa Inggris?

Kata ‘yet’ yang memiliki arti ‘belum’. Nah, seperti apa penggunaan yet dalam kalimat bahasa Inggris itu? Simak penjelasan berikut ini:

Kata yet sejatinya termasuk ke dalam kategori parts of speech atau unsur penyusun kalimat adverb (kata keterangan) dan juga conjunction (kata hubung). Kata yet memiliki fungsi sebagai kata keterangan jika kata ini merujuk pada waktu yang dimulai pada di masa lalu dan terus berlangsung hingga saat ini. ‘yet’ utamanya digunakan dalam pernyataan atau pertanyaan negatif pada tenses present perfect. Dalam penggunaan yang seperti ini, umumnya kata yet terletak di akhir kalimat. Berikut ini contoh kalimat penggunaan kata yet dalam bahasa Inggris:

  1. Rani has not registered for library membership yet (Rani belum terdaftar dalam keanggotaan perpustakaan)
  2. We haven’t finished our dinner yet (kami belum menyelesaikan makan malam kami)
  3. Has your father called you yet? (sudahkah ayah anda menelepon?)
  4. I haven’t finished my math homework yet (saya belum menyelesaikan pekerjaan rumah matematika saya)

Perlu diperhatikan bahwa kata yet tidak digunakan untuk menerangkan sesuatu yang telah terjadi. Sebagai gantinya, kita menggunakan kata ‘already’ untuk menggambarkan sesuatu yang telah terjadi. Berikut ini contohnya:

  • She has booked the night flight already (Dia sudah memesan penerbangan malam)

Jadi, ketika kata yet digunakan dalam kalimat di atas, maka hal tersebut menjadi kurang tepat. Selain itu, kata yet juga tidak dapat digunakan untuk menyatakan hal yang sedang berlangsung. Saat kita menggunakan kata yet di dalam pernyataan negatif, artinya sebuah kegiatan atau peristiwa diharapkan terjadi di masa depan. hal yang sama juga berlaku dalam penggunaan yet di dalam pertanyaan negatif.

kata yet juga dapat digunakan sebagai kata penghubung (conjunction). Ketika berperan sebagai conjunction ini kata yet memiliki arti ‘tapi’ atau ‘namun’. Dalam penggunaannya, ia sering menjunjukkan adanya kontras atau perbedaan. Kata yet biasanya berada setelah kata ‘and’. Berikut ini contoh kalimat penggunaan yet dalam bahasa Inggris sebagai conjunction:

  1. so many needs to buy and yet so little money we have. (ada banyak sekali kebutuhan yang harus dibeli tetapi hanya sedikit uang yang kita miliki)
  2. The date of the final exam has yet to be decided (tanggal ujian akhir sudah akan diputuskan)

Semoga bermanfaat 🙂

Topic tags