Random Question

"What did he promise you?"
"____ if he wins the lottery"

A.
B.
C.
D.
E.

 

Regular Verbs (Kata...
 

Untuk menyimpan dan melihat nilai rapor hasil tes, silakan register atau log in.

Regular Verbs (Kata Kerja Beraturan), Contoh dan Ketentuan Pembentukannya  


markes widodo
Posts: 105
(@markes)
Estimable Member
Joined: 2 years ago

Regular Verb adalah perubahan bentuk kata kerja dengan menambahkan akhiran -d atau -ed pada kata kerja bentuk pertama untuk membentuk kata kerja bentuk kedua (Past Tense) dan kata kerja bentuk ketiga (Past Participle).

Dalam menambahkan akhiran -d atau -ed pada kata kerja bentuk pertama secara benar, harus diperhatikan beberapa ketentuan berikut ini :

1. Pada umumnya untuk membentuk Past Tense (kata kerja bentuk 2) atau Past Participle (kata kerja bentuk 3), ditambah dengan akhiran -ed pada Infinitive-nya.
Contoh :

2. Jika Infinitive berakhiran dengan huruf -e, maka bentuk Past Tense dan Past Participle dibentuk dengan menambahkan akhiran -d.
Contoh:

3. Jika Infinitive terdiri dari satu suku kata dan berakhiran dengan satu huruf mati (konsonan) yang didahului sebuah huruf hidup (vokal), maka Past Tense dan Past Participle dibentuk dengan menggandakan huruf mati tersebut, kemudian ditambah akhiran -ed.
Contoh:

4. Jika Infinitive tidak bersuku kata satu dan berakhiran dengan satu huruf mati (konsonan) dan didahului sebuah huruf hidup (vokal), tetapi penekanan ucapan jatuh pada pada suku kata terakhir, maka huruf mati (konsonan) terakhir digandakan dan ditambah -ed.
Contoh:

5. Jika Infinitive bersuku kata dua dan berakhiran dengan satu huruf mati yang didahului sebuah huruf hidup, tetapi penekanan ucapan jatuh pada suku kata pertama, maka hanya ditambah -ed saja.

6. Jika Infinitive berakhiran dengan huruf mati -l yang didahului sebuah huruf hidup (vokal), maka huruf -l digandakan dan ditambah -ed.
Contoh:

Tetapi jika huruf akhir -l didahului dua buah huruf hidup, maka huruf -l tidak digandakan.
Contoh :

7. Jika Infinitive berakhiran dengan huruf -y didahului dengan huruf mati, maka -y diganti dengan -i dan ditambah -ed.
Contoh :

Tetapi jika huruf akhir -y didahului oleh huruf hidup (vokal), maka -y tidak diubah dan hanya ditambah -ed saja.
Contoh :

8. Jika Infinitive berakhiran dengan huruf mati -c didahului oleh hurup hidup (vokal), maka huruf -c itu harus diikuti oleh huruf -k dan ditambah -ed.
Contoh:

Untuk lebih jelasnya di bawah ini adalah sebagian bentuk Kata Kerja Beraturan (Regular Verb) yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.