Perbedaan Kata "A" ...
 

Perbedaan Kata "A" dan "An" dan Contoh Penggunaannya Pada kalimat Bahasa Inggris  


Posts: 64
Member
Joined: 3 years ago

Pernah tahu kata "A" dan "An" dalam bahasa Inggris? Kedua kata ini memiliki arti yang sama, yaitu sama-sama menyatakan arti ‘sebuah’. Keduanya juga termasuk ke dalam salah satu determiners yaitu article.

Article pun terbagi menjadi dua jenis, yaitu indefinite articel dan definite article. A dan an sama-sama termasuk ke dalam indefinite article, yaitu kata yang menunjukkan keberadaan benda umum dan tidak spesifik. Di sisi lain, kata ‘the’ termasuk ke dalam definite article karena menunjukkan benda, tempat, atau situasi yang sudah jelas.

Dalam kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan kepada pembaca mengenai apa perbedaan a dan an dalam bahasa Inggris. penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya agar tidak terjadi kesalahan ketika menggunakannya dan agar sesuai dengan grammar bahasa Inggris. berikut ini penjelasan secara lengkapnya:

1. Perbedaan Jenis Huruf Kata Benda yang Mengikuti

Perbedaan paling mendasar antara kata ‘a’ dan ‘an’ ialah ‘a’ digunakan untuk kata benda yang diawali dengan huruf mati (konsonan) yakni huruf selain a, i, u, e, dan o. Sedangkan ‘an’ digunakan untuk menunjukkan kata benda yang memiliki huruf awal berupa huruf hidup atau huruf vokal (vowels) yaitu a, i, u, e, dan o. Berikut ini beberapa contoh penggunaan a dan an:

  • I have a boyfriend
  • She got an apple
  • We have a banana
  • He has an avocado

2. Penggunaan yang Berbeda dalam Kasus Khusus

Perbedaan yang kedua terjadi di dalam penggunaan ‘a’ dan ‘an’ dalam kasus khusus. Kasus yang dimaksud ialah terdapat huruf vokal yang dibaca dengan menggunakan huruf mati, seperti ‘u’ yang dibaca ‘yu’ atau dalam kasus dimana huruf mati dibaca seperti huruf vokal seperti kata ‘hour’ yang dibaca ‘our’. Berikut ini beberapa contoh lainnya:

  • A union of African Countries will contribute to a cultural festival
  • It is an honour to be a part of this family
  • I join a university in Jakarta, Indonesia

3. Perbedaan Situasi Penggunaan

Perbedaan terakhir di antara ‘a’ dan ‘an’ dalam bahasa Inggris adalah perbedaan situasi penggunaan. Dalam beberapa kasus tertentu, kita diizinkan untuk menggunakan ‘an’ ketika kita menginginkan kesan pembicaraan yang halus dan jelas.

Posts: 81
Member
Joined: 3 years ago

ini sering banyak yang keliru 🙂

thanks sharing-nya @restu

Reply