Penggunaan 'was' dan 'were' dalam berbagai tenses dan bentuk kalimat
Was dan were adalah bentuk ke dua dari verb be. Kita menggunakan was were dalam berbagai macam bentuk kalimat dan yang paling banyak diketahui oleh banyak orang adalah was were dipakai dalam tenses simple past tense.
Di bawah ini adalah beberapa penjelasan penggunaan was were dan contoh kalimatnya.
Penggunaan was were dalam simple past tense.
- I was sick yesterday. (Saya sakit kemarin.)
- They were at home last night. (Mereka di rumah malam lalu.)
- We were late last Monday. (Kami terlambat hari senin lalu.)
Pada contoh di atas, sick dan late bukanlah kata kerja melainkan kata sifat atau adjective. At home juga bukanlah kata kerja melainkan adverb. Maka dari itu, kita harus menambahkan was atau were pada kalimat tersebut. Jika tidak memasukkan was were maka kalimat itu salah.
Penggunaan was were dalam past continuous tense
- I was sleeping when Joe called me. (Aku sedang tidur ketika Joe menelponku.)
- They were playing cards when I came last night. (Mereka sedang bermain kartu ketika aku datang malam lalu.)
Dalam past continuous, kita memasukkan was atau were sebelum verb ing. Fungsi was were dalam kalimat ini adalah sebagai kata kerja bantu.
Penggunaan was were dalam passive voice atau kalimat pasif simple past tense.
- The car was washed yesterday. Mobil itu dicuci kemarin.
- My house is swept by Joe last night. Rumahku disapu oleh Joe malam lalu.
Jika subject I/ she/ he/ it/ Riko/ Rina/ The boy/ The girl maka kita menggunakan was. Jika you/they/we/ Riko and Joe/The boys/the girls maka kita menggunakan were.
- I was sick yesterday.
- I was not sick yesterday.
- Were you sick yesterday? Yes, I was/No, I was not
- They were cooking when we watched TV.
- They were not cooking when we watched TV.
- Were they cooking when we watched TV?
- The cars were washed by my mother yesterday.
- The cars were not washed by my mother yesterday.
- Were the cars were washed by mother yesterday?
- Where were you last night? I was at home.
- What were you doing when I called you? I was sleeping.
- What time was the car washed yesterday? The car was washed at 10 yesterday.
thanks mas 🙂
terima kasih banyak mas fanani 🙂