Pengertian reciproc...
 

Pengertian reciprocal pronoun, aturan penggunaan, dan contoh dalam kalimat  


Posts: 41
(@yuni)
Eminent Member
Joined: 2 years ago

Apa itu reciprocal pronoun?

Reciprocal pronoun merupakan kata ganti yang menunjukkan pengertian berbalas-balasan atau saling. Kalau orang atau benda yang dimaksud jumlahnya hanya dua, maka kita bisa menggunakan "each other". Tapi kalau jumlah orang atau benda lebih dari dua, maka kita bisa mennggunakan "one another".

Contoh:

  • Toni and Roni are brother and sister. They help each other in everything. (Toni dan Roni bersaudara. Mereka selalu saling membantu dalam segala hal)
  • SMP 2 students are going to camp. They must help one another there (Para siswa SMP 2 akan kemping. Mereka harus saling membantu di sana)

Pada contoh pertama terdiri dari hanya dua orang dan pada contoh kedua terdiri dari lebih dari dua orang.

Penggunaan lainnya dari kata "other" yaitu untuk merujuk pada sisa yang belum disebutkan, di sini kata "other" memiliki makna "yang lain". Bila yang dimaksud dengan "yang lain" tadi jumlahnya hanya satu, maka kita bisa menggunakan kata "another" + "singular noun/one" dan atau "the other" + "singular noun/one".

"Another + "noun/one" digunakan saat yang dimaksud dengan "yang lainnya" tadi belum diketahui atau belum teridentifikasi. Sementara "the other plus "noun/one" digunakan saat yang dimaksud dengan "yang lainnya" tadi sudah saling mengetahui atau sudah diidentifikasi.

Contoh:

  • I have two car. One is a Toyota and the other {one} is Ferrari. (Saya memiliki dua mobil. Satu adalah Toyota dan yang lainnya adalah Ferrari)
  • I don't want to read a book from the same writer. I want from another writer. (Saya tidak mau membaca buku dari penulis yang sama. Saya mau dari penulis yang lain)

Pada contoh pertama menggunakan "the other one" karena sudah pasti selain Toyota ada Ferrari. Tapi pada contoh kedua menggunakan "another" karena yang dimaksud dengan "penulis yang lain" tadi tidak teridentifikasi.

Penggunan bentuk plural "others" atau "other + plural noun/ones" digunakan saat yang diamsud dengan "yang lainnya" belum diketahui. Sedangkan "the others" digunakan saat yang dimaksud dengan "yang lainnya" sudah diketahui. Sedangkan "the others" atau "the other + plural noun/ones" digunakan ketika yang dimaksud dengan "yang lainnya" sudah diketahui atau sudah diidentifikasi.

Contoh:

  • They and the others in the group were running across farmland and olive groves. (Mereka dan yang lain dalam kelompok itu berlari melintasi lahan pertanian dan kebun zaitun.) (kata "the others" digunakan karena yang dimaksud dengan "yang lain" sudah diidentifikasi)
  • Alcohol and other drugs use is a serious and complex problem. (Alkohol dan penggunaan obat lain adalah masalah yang serius dan kompleks.) (kata "other" digunakan karena yang dimaksud "yang lain" belum teridentifikasi.)

Ungkapan "yang lainnya" jika digabung dengan bilangan atau jumlah maka ditambahkan kata bilangannya tadi diletakkan sebelum kata "others".

Contoh:

  • One firefighter was killed and three others were injured in a gas pipeline explosion. (Satu petugas pemadam kebakaran tewas dan tiga lainnya terluka dalam ledakan pipa gas)
  • One firefighter was killed and some others were injured in a gas pipeline explosion. (Satu petugas pemadam kebakaran tewas dan beberapa lainnya terluka dalam ledakan pipa gas)