Pengertian klausa d...
 

Pengertian klausa dependen dan independen beserta contohnya


Posts: 8
Topic starter
Joined: 2 years ago

Klausa

Clause adalah kumpulan kata-kata yang termasuk di dalamnya sebuah subject dan verb. Di dalam sebuah kalimat, umumnya akan selalu ada clause dan phrase.

Adapun phrase adalah kalimat pelengkap yang dapat digunakan untuk menjelaskan lebih lanjut sebuah clause yang ada di dalam kalimat.

Independent & Dependent Clause

Terdapat dua jenis clause yang ada di dalam bahasa Inggris yaitu independent clause dan dependent clause.

Sesuai dengan namanya, independent clause adalah clause yang dapat berdiri sendiri tanpa penjelasan atau dukungan dari kalimat lain.

Independent Clause

Contoh dari independent clause adalah sebagai berikut:

Daniel eats his breakfast every morning even when he’s already late to work. (Daniel sarapan setiap pagi walaupun saat dia sudah terlambat untuk pergi bekerja.)

Di dalam kalimat ini, Daniel eats his breakfast every morning adalah independent clause yang sebenarnya bisa berdiri sendiri tanpa kalimat selanjutnya.

Subjek dari kalimat itu adalah Daniel dan kata kerja dari kalimat itu adalah eats. Yang dimaksud dengan berdiri sendiri adalah kalimat itu sudah memiliki arti yang cukup jelas tanpa bantuan kalimat lain.

Even when her mother is an activist, she still needs to give her ID to the principal. (Walaupun ibunya adalah seorang aktivis, dia tetap harus menyerahkan ID-nya kepada kepala sekolah.)

Di dalam kalimat ini, She still needs to give her ID to the principal adalah independent clause yang bisa berdiri sendiri walaupun tanpa kalimat sebelumnya. Subjek dari kalimat itu adalah she dengan verb need.

Dependent Clause

Sementara itu dependent clause adalah clause atau kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri tanpa penjelasan atau dukungan dari kalimat lainnya. Contoh dari dependent clause adalah sebagai berikut:

Daniel eats his breakfast every morning even when he’s already late to work. (Daniel sarapan setiap pagi walaupun saat dia sudah terlambat untuk pergi bekerja.)

Di dalam kalimat ini, even when he’s already late to work adalah dependent clause yang tidak dapat berdiri sendiri, karena tanpa kalimat penjelasan sebelumnya, kalimat ini tidak memiliki arti yang jelas dan tujuannya pun menjadi rancu.

Even when her mother is an activist, she still needs to give her ID To the principal. (Walaupun ibunya adalah seorang aktivis, dia tetap harus menyerahkan ID-nya kepada kepala sekolah.)

Di dalam kalimat ini, even when her mother is an activist adalah dependent clause yang tidak bisa berdiri sendiri, atau membutuhkan kalimat selanjutnya agar fungsi dan tujuan dari kalimatnya menjadi jelas.