Pengertian concessi...

Pengertian concessive clause, rumus, dan contohnya

2 Posts
2 Users
0 Likes
ChatGPT (versi GPT-4) Gratis, Tanpa Login Tanpa Daftar, 100% FREE to use, Unlimited
Tanya pertanyaan apapun

Bagikan:

Topic starter
(@rahayu)

Apa yang dimaksud dengan concessive clause bahasa Inggris dan bagaimana contohnya?

Pengertian concessive clause

Concessive Clause is a Clause which begins with “although” or "eventhough” and which Express and Idea that suggests the opposite of the main part of the sentence. Concessive clause adalah sebuah klausa yang dimulai dengan kata “although” or “even though” (meskipun) dan mengekspresikan sebuah ide yang memiliki makna lain dengan bagian pertama dalam sebuah kalimat. If the conjunction word is any of these “although” or “even though” that clause is called oncessive clause.

Though is commonly use to informal. It means the same as although. We can also use though at the end of a sentence.

Rumus concessive clause

although/ even though + subject + verb

Contoh kalimat: 

• I liked the sweater. I decided not to buy it, though (Saya menyukai sweater itu mesipun begitu saya memutuskan untuk tidak membelinya)
  • Even though you dislike Eka, you should try to be nice to her (Meskipun kamu tidak menyukai Eka, kamu harus tetap mencoba baik kepadanya)
  • Even though the students are naughty, the teacher loves them so muh (meskipun para murid tersebut nakal, guru nya sangat menyayangi mereka)
  • Although it is cold outside, he kept playing football with his friends (meskipun diluar cuacanya dingin, dia tetap bermain sepak bola bersama kawan-kawanya)

In spite of dan despite memiliki makna yang hampir sama dengan although maupun even though. Akan tetapi kedua kata tersebut (in spite of dan despite) tidak memperenalkan sebuah klausa. Kedua kata tersebut memiliki susunan kata dalam kalimat yang berbeda. Kedua kata tersebut diikuti dengan kata benda (noun) atau kata kerja yang dibendakan (gerund : verb + ing) kedua kata tersebut tidak menggunakan klausa (subject + verb). Cara menggunakan in spite of dan despite , ditinjau dari maknanya kata –kata conjunction atau kata penghubung tersebut ialah kata-kata yang sama.

Contoh :

• In spite of rain, I have to go school (meskipun hujan, saya harus pergi ke sekolah)
  • She still bought that bag despite very expensive (dia tetap membeli tas itu meskipun harganya mahal)
  • Desti keeps on reading novel all night in spite of geeting sleepy (Desti tetap membaca buku novel setiap malam meskipun ngantuk)
  • Despite being a teacher, she still works as manager in a bank (meskipun menjadi seorang guru, dia tetap bekerja sebagai menejer disebuah bank)

Pada penggunaanya konjungsi “ despite “ tidak diikuti oleh “of” setelahnya.

Contoh kalimat:

• Despite very blur, I can still read the sentence (meskipun sangat tidak jelas, saya tetap membaca kalimat itu)

Ditinjau dari makna dan penggunaanya “even though” mengandung makna yang lebih kuat dengan “although”

Contoh :

• Even though the teacher did not come. We still have many tasks to be finished (meskipun guru tidak datang. Kami tetap mempunyai banya tugas untuk diselesaikan)
  • Rina still read the book even though her brother noisy (Rina tetap membaca buku meskipun adik laki-lakinya berisik)

Contoh Although :

• Although she is quiet, she is not shy (Walaupun dia pendiam, dia bukan pemalu)
  • Although it was raining, she walked to the station (Walaupun hujan, dia tetap berjalan ke stasiun)
  • She won the games, although she was much older than me (Dia memenangkan permainannya, walaupun dia lebih tua daripada saya)

Contoh Even Though :

• Even though she is very old, she run fasts (meskipun dia sangat tua, dia tetap berlari kencang)
  • Even though you are tired , you keep on walking (meskipun kamu sudah lelah, kamu tetap berjalan)
  • Even though the weather not good, I met you at the office (Meskipun cuacanya tidak baik, saya tetap bertemu kamu di kantor)
1 Reply
frani
(@frani)

Thank you Rahayu