...

Pengertian complex sentence dan contohnya


Posts: 34
 fikri
Topic starter
Member
Joined: 3 years ago

Complex artinya rumit atau tidak sederhana. Kalimat jenis ini terdiri dari beberapa klausa meskipun begitu proses penggabungan klausa tersebut tidak sama seperti pada kalimat compound.

Kalimat complex terdiri dari 2 atau lebih klausa yang mana salah satunya menjadi induk dan lainnya menjadi sub. Hal ini berarti, sub clause tidak akan memiliki arti yang sempurna seandainya dipisah dari induk (main clause).

Contoh:

  1. The students are doing the homework because they will submit it tomorrow. (Murid-murid sedang mengejarakan PR karean meraka akan mengumpulkannya besok.)
  2. The teacher will return the homework after he notices the error. (Guru itu akan mengembalikan pekerjaan murida setelah dia memberikan catatan kesalahannya.)
  3. We know the man whom you were talking to yesterday. (Kami mengenal orang yang kamu ajak bicar kemarin.)

Pada tiga contoh kalimat complex diatas, semua terdiri dari dua klausa. Penggabunganya dibantu oleh apa yang kita sebut subordinator seperti kata “because”, “since”, “after”, “although”, dan “when” seperti pada kalimat nomor 1 dan 2. Penggabungan kalimat nomor 3 menggunakan relative pronoun seperti kata “who”, “whom”, “which”, “whose”.