Cara membuat kalimat kombinasi simple present tense dan present continuous tense


Posts: 77
Topic starter
Trusted member
Joined: 4 years ago

Biasanya present continuous tense digunakan untuk menunjukkan kegiatan atau aktivitas yang sedang terjadi saat ini, namun ternyata ia juga dapat digunakan bersama dengan simple present tense untuk menunjukkan kegiatan yang terjadi bersamaan atau hampir bersamaan waktunya saat kegiatan yang lain terjadi. Masih bingung? Perhatikan contoh kalimat berikut ini:

  • Every day when Alicia gets home, her roommate is studying English. (Setiap hari saat Alicia pulang ke rumah, teman sekamarnya sedang belajar bahasa Inggris.)

Pada kalimat tersebut, "is studying" merupakan kalimat present continuous tense dan bukan berarti kalimat itu menyatakan sedang terjadi saat ini. Kalimat itu lebih menyatakan bahwa kegiatan "teman sekamarnya sedang belajar bahasa Inggris" terjadi setiap kali Alicia pulang ke rumah. Dalam kata lain teman sekamarnya itu mulai belajar sebelum Alicia sampai ke rumah dan teman sekamarnya itu masih belajar saat Alicia sampai di rumah. Kalimat ini sangat mirip dengan past continuous tense.

Sebagai catatan, kita juga menggunakan present continuous tense dengan cara ini untuk menunjukkan klausa future time dan juga future if-clauses.

Jika kita menggunakan simple present tense daripada present continuous tense pada kalimat seperti di atas, maka maknanya akan berbeda.

Contoh:

  • Every day when Alicia gets home, her roommate studies English.

Pada kalimat tersebut, teman sekamar Alicia selalu mulai belajar "pada saat yang sama" ketika Alicia tiba di rumah. Ini berbeda pada kalimat yang tadi saya sebutkan sebelumnya bahwa teman Alicia selalu mulai belajar "sebelum" Alicia tiba.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan karena ini harus dikecualikan adalah penggunaan verb "be". Saat kita menggunakan "be" pada kalimat dengan tipe seperti ini, ia akan memiliki dua makna yaitu:

Itu dapat berarti sesuatu yang sama sebagaimana kita menggunakan present continuous tense yaitu kegiatan dimulai sebelum waktu dimana kita membicarakannya dan berlanjut sampai waktu itu.

Contoh:

  • Every day when Alicia gets home, her roommate is in the kitchen. (Setiap hari saat Alicia pulang ke rumah, teman sekamarnya ada di dapur.). Kalimat ini berarti teman Alicia pergi ke dapur sebelum Alicia datang.

Makna yang kedua adalah kegiatan terjadi sesaat setelah kegiatan lainnya.

Contoh kalimat:

  • Every day when Alicia gets home, her roommate is really happy to see her. (Setiap hari saat Alicia pulang ke rumah, teman sekamarnya benar-benar bahagia melihatnya.). Kalimat ini berarti teman sekamar Alicia menjadi bahagia di saat yang bersamaan (sekejap) ketika Alicia datang.

Bagaimana kita mengetahui verb "be" yang kita gunakan masuk makna yang mana? Tergantung pada konteks kalimatnya. Kita bisa memperhatikan keadaan atau situasi yang terjadi.

Itu tadi sedikit penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.