...

Aturan penggunaan p...
 

Aturan penggunaan prepositions of place (in, on, at) untuk menunjukkan tempat


Posts: 35
 Enggar Wijaya
Topic starter
Member
Joined: 4 years ago

Bagaimana aturan penggunaan prepositions of place (in, on, at) untuk menunjukkan tempat serta contoh kalimatnya?

Kata "in, on, at" termasuk ke dalam kategori preposition atau kata depan yang berfungsi menjelaskan gerund (verb 1 + ing), kata ganti (pronoun), dan kata benda (noun). ketiga kata depan tersebut dapat digunakan untuk menunjukkan keterangan waktu, tempat, dan situasi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan penggunaan ketiganya.

Jika diterjemahkan secara langsung, kata in memiliki arti di dalam, kata on memiliki arti di atas, dan kata at berarti di suatu tempat. Namun, kita juga perlu mengetahui fungsi dari kata tersebut agar dapat menggunakannya dengan benar. Berikut ini penulis sampaikan uraian mengenai penggunaan at, in, dan on keterangan tempat dalam bahasa Inggris:

1. Penggunaan Kata In

Kata in memiliki fungsi untuk menunjukkan tempat atau lokasi secara umum, luas, dan tidak spesifik. Contohnya yaitu benua, kota, provinsi, negara, dan lain sebagainya. Selain itu, kata in juga digunakan untuk tempat-tempat bersifat umum seperti in hotel, in a box, in a cage, dan lainnya. Berikut ini contoh kalimatnya:

  • We slept all night in a guest house (kami tidur sepanjang malam di griya loka)

2. Penggunaan Kata On

Kata on dgunakan untuk menunjukkan lokasi atau tempat yang lebih spesifik dari kata in. Dapat dikatakan bahwa kata on merujuk pada tempat yang tidak terlalu umum tapi tidak rinci pula. Contohnya yakni nama jalan tanpa nomor. Berikut ini contoh kalimatnya:

  • They live on Sukarno Hatta street (mereka tinggal di jalan Sukarno Hatta)

Di sisi lain, kata on juga digunakan untuk menunjukkan bahwa benda berada atau menempel di permukaan sesuatu seperti on the Table, on the wall, dan lainnya.

3. Penggunaan Kata At

Kata depan at merupakan kata depan yang berfungsi untuk menunjukkan lokasi yang paling spesifik. Ketika menunjukkan alamat, maka ia lengkap dengan nomornya dan menunjukkan nama gedung. Berikut ini contoh penggunaannya:

  • We live at 44 Orchid Street, Lampung (kami tinggal di Jalan Anggrek No. 44, Lampung)
  • The Children saw the newest Children book collection at Kilomedia bookstore (anak-anak itu melihat koleksi buku anak terbaru di toko buku kilomedia)