Aturan penggunaan a...
 

Aturan penggunaan adjective clause when, contoh kalimat, dan kesalahan yang sering terjadi

0 Posts
1 Users
0 Likes
630 Views
tanto kurniawan
Posts: 111
Topic starter
(@tanto)
Member
Joined: 4 years ago

Bagaimana aturan penggunaan adjective clause when, contoh kalimat, dan kesalahan yang sering terjadi?

Seperti yang kita ketahui, adjective clause berfungsi sebagai penjelas noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti) yang terdapat di kalimat kompleks (complex sentence). Adjective clause ditandai dengan adanya relative pronoun sebelumnya. Ada berbagai macam relative pronoun seperti who, whom, whose, which, when, dan lain sebagainya.

Pada adjective clause yang diawali oleh kata when (ketika, saat), kata when ini digunakan ketika kita hendak memberi keterangan waktu pada kalimat. Ada beberapa kesalahan yang mungkin terjadi ketika menggunakan adjective clause when.

Oleh karena sebab itu, berikut ini contoh adjective clause when dalam bahasa Inggris agar pembaca tidak mengalami kesalahan dalam menggunakannya:

  • The moment when the husband burst in to surprise the wife was so amazing (saat ketika sang suami muncul dan mengejutkan istrinya sangat luar biasa)
  • My grand mother remembers the old days when there was no electricity. It was so dark at night (nenek saya teringat hari-hari dulu ketika tidak ada listrik. Saat itu sangat gelap pada malam hari
  • They will always remember the day when they met in the Church (mereka akan selalu mengingat hari mereka bertemu di gereja)
  • Spring is the season when the flowers of many plans blooming (musim semi adalah musim ketika bunga-bunga dari banyak tanaman berbunga)
  • Eid Al Mubarak is a Holiday when our families like to gather together (Idul Fitri adalah hari besar ketika keluarga kami berkumpul bersama)
  • We couldn’t stand the hot temperature when the hottest day in summer was coming (kami tidak dapat menahan suhu panas ketika hari terpanas dari musim panas terjadi)

Terdapat catatan khusus bagi penggunaan adjective clause when ini, yaitu jangan menggunakan preposition atau kata depan sebelum penggunaan adjective clause when. 

Berikut ini contoh kesalahan dalam penggunaan adjective clause when:

  • she’ll always remembers the day on when she met her husband (dia akan selalu mengingat hari dimana dia bertemu dengan suaminya)
  • Winter is the season during when the snow falls (musim dingin adalah musim dimana salju turun)
Topic tags