Aturan dan contoh p...
 

Aturan dan contoh penggunaan modal auxiliary verb 'can'


Posts: 28
Topic starter
Joined: 3 years ago

Modal Auxiliary Verb adalah kata yang ditempatkan sebelum main verb atau kata kerja utama guna untuk menciptakan makna baru bagi main verb itu.

Modal auxiliay verb terbagi atas beberapa kata, yaitu :

  1. can – could
  2. may – might
  3. shall – should
  4. will – would
  5. must – ought to

Tapi kali ini kita akan fokus pada satu pembahasan saja yaitu yang pertama, penggunaan modal auxiliary verb can. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Modal auxiliary verb can ini digunakan untuk menyatakan ability atau kemampuan dan untuk memohon izin. Apakah teman-teman sudah paham sampai disini? Agar teman-teman lebih mudah untuk memahami, berikut 3 contohnya.

  • Ariana can sing in a highest note ( Ariana bisa menyanyi di nada paling tinggi). Kalimat ini adalah present tense, jika dirumuskan maka S + CAN + VERB I + O
  • Jordyn can sleep in a noisy place ( Jordyn bisa tidur di tempat yang ribut). Kalimat ini adalah kalimat present tense, jika dirumuskan maka S + CAN + VERB I + O
  • Harley can drive a big truck ( Halsey bisa mengendarai sebuah truk besar). Kalimat ini adalah kalimat present tense, jika dirumuskan maka S + CAN + VERB I + O

Apakah teman-teman sudah mulai paham mengenai penggunaan auxiliary verb can melalui 3 contoh di atas? Yuk kita bahas lebih dalam lagi agar teman-teman mengerti bagaimana auxiliary ini. Auxiliary verb can memiliki 3 ciri-ciri, yaitu :

  • Modal Auxiliary verb can selalu diikuti dengan kata kerja dasar, tanpa ”to” atau yang sering disebut dengan bare infinitive. Contoh kalimatnya yaitu ” You can help me wash the clothes” ( Kamu bisa membantu saya mencuci baju ) dari contoh ini, kita bisa memahami bahwa verb can tidak diikuti dengan ”to”
  • Modal Auxiliary verb can tidak boleh diikuti ataupun di dahului oleh kata ”to” atau yang disebut dengan to infinitive. Contoh kalimat yang salah ” They want to can speak Spanish” ( Mereka ingin fasih bicara bahasa Spanyol )Dari kalimat ini kita bisa mengerti, bahwa kalimat salah ini tidak tepat dengan menggunakan kata ”to”. Kalimat yang benar adalah ” They want to be able to speak Spanish”
  • Tidak boleh ada dua modal axiliary verb dalam satu kalimat, modal yang dimaksud disini adalah modal selain can, seperti may,will,shall. Contoh kalimatnya yaitu ” She may can touch dirt socks” ( Dia mungkin menyentuh kaos kaki kotor) Ini adalah contoh yang salah. Kalimat yang benar yaitu ” She may be touch dirt socks”
  • Modal auxiliary verb tidak boleh bertemu dengan Primary auxiliary kecuali kata ”have”. Contoh yang salah ” Does she can cook your favourite dishes?” ( apakah dia bisa memasak makanan favoritmu?) Kalimat yang benar adalah ”Can she cook your favourite dishess?”
  • Auxiliary verb can tidak bisa dipakai dalam perfect tense. Perfect tense hanya memakai modal Auxiliary verb yang lain selain can seperti shall,should,will,would.

Semoga bermanfaat 🙂















Latihan soal modals

A : I wonder why Jenny didn’t answer the doorbell.
B : Well, I suppose she ..... been a sleep.
He ..... his homework by the time the teacher come to the class.
Why didn’t Charly apply for the job? He ..... gotten it.
My brother break a glass in the kitchen, so he ..... clean it or he will be punished.
A lot of students didn’t pass the English test yesterday. The test ..... difficult.
If I have problems with my teeth, I think I ..... go to a dentist, not a veterinarian.
I have lived in England for two years, I ..... speak English fluently.
He went by bus, but he ..... by motorcycle.
You ..... T-shirt school. That is prohibited.
I can’t find my bag anywhere. I’m sure I ..... left it in my room.