Random Questions

When ____?
A.
B.
C.
What ____ tomorrow?
A.
B.
C.

 

Wajib tahu, ini dia...
 

Wajib tahu, ini dia manfaat belajar bahasa Inggris sejak kecil  


Posts: 20
(@tania)
Eminent Member
Joined: 2 years ago

Bahasa Inggris merupakan bahasa jermanik yang pertama sekali di perkenalkan di Inggris. Banyak negara di dunia yang menetapkan bahasa inggris sebagai bahasa mayoritas penduduk mereka seperti negara Britania Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Dan sejumlah negara-negara di dataran Karibia. Ada sekitar 60 lebih negara berdaulat yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi mereka karena itu banyak sekali manfaat belajar Bahasa Inggris. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa Ibu ketiga yang paling banyak digunakan di penjuru dunia setelah bahasa Spanyol dan Mandarin.

Berikut ini adalah manfaat belajar Bahasa Inggris sejak kecil:

1. Bahasa Inggris adalah bahasa tertua di dunia yang bertahan hingga sekarang meskipun banyak perkembangan kata sebab kemajuan zaman. Bahasa Inggris berasal dari daratan Britania sekitar abad ke-8 Masehi.

2. Melihat dari pada kemajuan negara Inggris menyebabkan banyak hasil produksi barang dan teknologi yang berasal dari negara Inggris, yang tentu saja menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar.

3. Perkembangan kosa kata dalam bahasa Inggris terbilang sangat pesat. Hal itu dapat dibuktikan berdasarkan hasil riset dan penelitian dari Harvard University yang mencatat bahwa bahasa Inggris telah mengalami perkembangan kosa kata sebanyak 8500 kata pertahunnya. Itu merupakan perkembangan kosa kata yang luar biasa serta jauh lebih banyak dari pada bahasa Indonesia.

4. Negara Inggris merupakan negara yang memiliki banyak daerah jajahan di dunia. Selama melakukan penjajahan di negara lain, Inggris menetapkan bahwa setiap daerah jajahan harus menggunakan bahasa inggris dalam komunikasinya. Maka tidak heran jika banyak negara yang sudah familiar terhadap bahasa Inggris.

5. Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar yang sering digunakan di seluruh dunia baik sebagai pengantar pendidikan maupun komunikasi sehari-hari. Pada saat orang-orang dengan berbagai bangsa berkumpul bersama pada umumnya menggunakan bahasa Inggris sebagai komunikasi.

6. Sektor perdagangan dunia yang dalam transaksinya menggunakan bahasa Inggris dalam menjalin komunikasi antar investor. Sebagai contoh antara China dan Amerika ketika melakukan transaksi maka bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris meskipun transaksi diadakan di China.

7. Orang yang menguasai bahasa Inggris tentu akan meningkatkan harga jual mereka (value) mereka di ranah pekerjaan nasional maupun Internasional.

8. Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional tentu saja mempengaruhi setiap komunikasi yang menyangkut antar bangsa, salah satunya di sektor bisnis. Oleh sebab itu, untuk dapat masuk dalam perdagangan dunia diperlukan tata bahasa yang baik agar kerja sama dapat terjalin dengan baik.

9. Ilmu ilmiah atau yang disebut dengan Science sangat banyak menggunakan bahasa Inggris dalam penulisannya. Oleh karena itu, jika hendak menguasai suatu ilmu maka pelajari terlebih dahulu bahasa dari ilmu tersebut. Dalam menguasai Science, maka sangat penting bagi kita untuk mendalami bahasa Inggris.

10. Amerika Serikat sebagai negara yang menjunjung tinggi bahasa Inggris sebagai bahasa mereka. Maka sangat penting bagi kita yang hendak bertempat tinggal maupun berkunjung kesana untuk senantiasa menggunakan bahasa Inggris agar terhindar dari diskriminasi sosial sebab perbedaan etnis, ras, dan latar belakang.

11. Sebagai penghasil film Box Office (Hollywood) terbesar di dunia, negara-negara di barat menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi dalam dunia perfilm-an mereka. Sehingga sulit bagi yang tidak mampu berbahasa Inggris untuk memahaminya, maka tak jarang mereka yang tidak memahaminya bergantung pada subtitles. Namun bagi yang memahami bahasa Inggris maka sudah tidak lagi bergantung pada subtitles serta dapat fokus pada alur cerita film tersebut.

12. Sebagai orang tua sangatlah penting bagi mereka untuk memahami bahasa Inggris agar para orang tua dapat membimbing serta melatih komunikasi anak dengan bahasa Inggris. Yang menjadikan anak dapat mengenal bahasa Inggris sejak dini.

13. Di era globalisasi ini, segala kebutuhan serta pekerjaan yang berat dapat dipenuhi dengan mudah menggunakan teknologi yang canggih-canggih. Dan tentu saja setiap teknologi menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam memberikan instruksi kepada penggunanya. Maka dengan anda menguasai bahasa Inggris maka akan sangat mudah dan cepat dalam memahami instruksi tersebut.

14. Banyak sumber ilmu pengetahuan baik yang berasal dari buku pembelajaran, majalah, koran, dan Internet yang menggunakan bahasa Inggris. Sehingga dengan menguasai bahasa Inggris kita dapat menambah ilmu pengetahuan secara luas dan menyeluruh.

15. Dapat menguasai ilmu pengetahuan yang lebih luas, sebab kebanyakan negara adi daya di dunia menggunakan bahasa inggris. Hal tersebut menjadikan bahasa Inggris secara alamiah menjadi bahasa Internasional. Salah satu syarat mendapatkan beasiswa dewasa ini adalah dengan menilai dari pada penguasaan bahasa Inggris, sehingga peluang kita yang pandai berbahasa Inggris dalam meraih beasiswa semakin besar.

16. Bahasa Inggris telah menjarah ke berbagai sektor pekerjaan di dunia, baik itu dunia bisnis, pendidikan, maupun perdagangan yang mengharuskan serta mengutamakan para pekerja yang mahir dalam berbahasa asing terutama bahasa Inggris. Di era teknologi dan informasi ini banyak membuka lapangan pekerjaan yang hanya dapat di raih oleh mereka yang memiliki penguasaan bahasa populer yang luas.

17. Salah satu syarat bagi mereka yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di PTN ternama adalah memiliki kemampuan berbahasa Inggris, yang dalam hal ini adalah nilai TOEFL yang mencapai 500 hingga 550. Tidak hanya dalam negeri, bahkan banyak negara-negara luar seperti Arab, Qatar, Amerika, dan negara lainnya yang menjadikan hasil tes TOEFL sebagai pra-syarat mendapatkan beasiswa.

18. Individu yang mampu menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris, tentu akan disegani oleh orang-orang yang berada di sekitarnya. Sebab dalam dunia kerja, hubungan antar perusahaan merupakan hal yang sangat urgen dalam kemajuan perusahaan tersebut. Komunikasi merupakan jalan terbesar dalam menjalin hubungan yang baik, oleh karena itu diperlukan mereka yang mahir dalam berkomunikasi bahasa asing.

19. Dengan menguasai bahasa asing membuat kita dapat memahami setiap perbedaan kebudayaan dan tata pada setiap bangsa. Pemahaman tersebut membuat kita akan selalu berhati-hati serta cakap dalam bertutur kata, dengan begitu orang yang berada di sekeliling kita merasa nyaman akan keberadaan kita.

20. Individu yang dapat menguasai bahasa Inggris akan dapat lebih mudah bergaul ketika ia berkunjung ke negara lain, ditambah saat ini bahasa Inggris telah menjadi bahasa penutur di lebih dari 335-an juta penutur di dunia. Bahkan di beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura telah terbiasa dengan penggunaan bahasa Inggris dalam setiap aktivitas mereka.