Cara dan tips ampuh agar nilai test TOEFL kita tinggi


Posts: 24
Topic starter
Joined: 9 months ago

Siapa sih yang tidak kenal dengan test TOEFL? Bagaimana caranya agar hasil tes TOEFL kita tinggi?

Test of English As a Foreign Language atau yang disingkat dengan TOEFL merupakan sebuah test yang di lakukan untuk mengukur kapabilitas atau kecakapan seseorang dalam bahasa Inggris. Jenis test TOEFL pun tak hanya ada satu. ada 3 jenis test TOEFL, berikut penjelasanya.

1.PBT -TOEFL

PBT TOEFL atau yang biasa dikenal dengan paper based toefl adalah test toefl dengan menggunakan kertas. test ini memiliki 3 tahapan yaitu listening, structure dan juga reading. Test ini memiliki rentang nilai sekitar 310 hingga 677.

2.CBT-TOEFL

CBT-TOEFL atau kepanjangan dari Computer based test TOEFL yaitu test TOEFL yang berbasis computer, sehingga kita melakukan test menggunakan computer. test ini memiliki rentang nilai 330 dan test di lakukan selama 3 jam.

3.iBT-TOEFL

iBT-TOEFL merupakan internet based test TOEFL yaitu test TOEFL yang menggunakan internet. test ini memiliki nilai tertinggi 120

Dari ketiga test tersebut, yang paling bayak digunakan adalah PBT-TOEFL, dan berikut tips mengerjakan soal yang paling di anggap rumit dalam soal TOEFL yaitu test reading yang biasanya dikenal paling menyita waktu dalam mengerjakan nya, padahal tak selamanya soal reading sulit untuk di kerjakan apabila mengerti  7 Tips Ampuh nya.

7 Tips Ampuh Mengerjakan Soal TOEFL Reading Bahasa Inggris

1.Hindari Membaca Text Terlebih Dahulu.

Hindari membaca teks dalam mengerjakan soal TOEFL dalam Reading, karena hal tersebut hanya akan menyita waktu anda, teks yang begitu banyak, tentu tak akan mudah kita ingat, caranya adalah baca dulu soal kemudian baru kita mencari jawaban pada teks tersebut.

2.Hindari Terlalu Lama Membaca Teks Bacaan.

Yang paling menyita waktu adalah apabila kita membaca dan mengulang-ulang teks yang telah kita baca. hal tersebut tentu saja akan menyita waktu yang kita miliki, cukup baca teks tersebut sekali setelah membaca soal.

3.Rekam Baik-Baik Soal dalam Pikiran

Untuk mengerjakan soal dan mencari jawaban pada teks, kita harus merekam baik-baik soal tersebut agar tidak mengulang hingga berkali kali dalam membaca teks, selain itu kita juga dengan mudah memahami poin-poin bacaan apabila kita merekam baik-baik soal.

4. Hindari Kepanikan

Yang sering terjadi apabila kita mengerjakan soal TOEFL adalah panik, kita panik akarena takut waktu yang kita miliki tidak cukup untuk menjawab soal-soal tersebut. atau kita panik karena tidak mengerti sama sekali soal yang tertera di lembar soal. apabila itu terjadi pada anda, maka tetaplah tenang dan jawab soal sebisa mungkin sembari tetap berdoa, jangan panik karena hal tersebut hanya akan mengurangi waktu yang tersedia.

5.Pahami Cara Mendapatkan Ide Pokok dengan Cepat

Kita harus mendapatkan trik bagaimana cara mendapatkan ide pokok atau gagasan utama di dalam sebuah paragraf dengan cepat, seperti anda harus tetap ingat bahwa ide pokok selalu terletak di awal ataupun di akhir paragraf, jadi jika anda mencari ide pokok dari paragraf, segera menuju ke awal ataupun akhir paragraf.

6.Gunakan Metode Scanning

Anda harus memahami metode scanning, yaitu gabungan dari poin 1 dan 3, anda harus membaca soal terlebih dahulu, lalu rekam baik-baik dan cari jawabanya di teks tersebut, jangan sampai terbalik membaca teks lalu soal. ingat soal terlebih dahulu lalu teks.

7. Fokus

apabila sedang mengerjakan test dalam bentuk apapun, ingatlah untuk tetap fokus mengerjakanya, jangan sibuk mencari jawaban pada teman, buku ataupun internet, tetap percaya dengan kemampuan anda sendiri dan yang terpenting jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan.

Topic tags