Cara dan contoh penulisan daftar pustaka bahasa Inggris dari sumber internet


Posts: 77
Topic starter
Joined: 3 years ago

Daftar Pustaka dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah bibliography / references biasa digunakan saat kita mencantumkan beberapa referensi dalam mengutip kalimat sebuah buku atau informasi yang berhubungan dengan makalah atau skripsi. Bibliography ini bisa berupa kutipan yang teman-teman ambil dari buku, e-book, jurnal dan bahkan dari internet untuk menguatkan dan menambah nilai dari makalah yang teman-teman buat.

Sebelum membahas lebih dalam, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai beberapa kesalahan dalam penulisan daftar pustaka yang sering dijumpai.

  • Pemisahan antara nama dan tahun publikasi,
  • Tidak memasukkan URL yang benar
  • Salah penyusunan
  • Salah dalam penulisan,
  • Salah dalam menulis nama pengarang yang harusnya tidak Italic

Apakah teman-teman pernah menjumpai beberapa kesalahan diatas dalam menulis daftar pustaka? Untuk selanjutnya kita akan bahas cara penulisan daftar pustaka yang benar untuk teman-teman. Semoga bermanfaat.

Nama Pengarang

Kita akan mulai dari nama pengarang. Nama pengarang dari buku yang kita kutip isinya, memiliki tata cara yang harus teman-teman pahami.

Nama pengarang dimulai dari Nama belakangnya, kemudian baru diikuti dengan nama depannya. Jika nama pengarang tersebut lebih dari dua kata, maka nama tengah dari pengarang tersebut disingkat. Contoh:

Jika nama pengarang nya adalah Mac Aditiawarman, maka pada daftar pustaka kita akan mencantumkan Aditiawarman, Mac.

Tahun Publikasi

Setelah nama pengarang, akan diikuti dengan tahun publikasi dari buku yang anda kutip. Tahun publikasi yang ditulis terlebih dahulu lalu diikuti dengan tanggal dan bulan.

Tanda kurung juga tidak kalah penting untuk diperhatikan jika menulis daftar pustaka ya teman-teman. Contoh:

Jika tahun publikasi buku adalah 17 September 2016, maka pada daftar pustaka kita akan mencantumkan (2016, 17 September).

Judul Buku

Judul dari buku yang teman-teman kutip ditulis dengan Italic dan pada awal kata huruf besar. Contoh:

Judul buku yang anda kutip misalnya Rich Dad Poor Dad, maka pada daftar pustaka kita akan menulis Rich Dad Poor Dad.

Keterangan Internet dan Link URL

Keterangan internet maksudnya adalah keterangan pada tanggal berapa -teman-teman mengakses link URL tersebut dan diikuti dengan link URL nya langsung. Contoh:

Dikutip 5 Januari 2018 dari Cara Mendapatkan Foto Bagus: http://shutterstock.com/Cara-mendapatkan-foto-bagus.hmtl

Rumus untuk Daftar Pustaka

Agar teman-teman lebih paham mengenai  Cara Menulis Daftar Pustaka Bahasa Inggris Dari Internet. Berikut kami berikan rumusnya untuk teman-teman.

Nama Pengarang (Tahun publikasi).Judul Buku. Keterangan internet : Link URL.

Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka

Contoh:

Pada contoh ketiga terdapat kata ”et al” setelah nama Pengarang. Kenapa? karena, di jurnal tercantum lebih dari satu orang pengarang, maka setelah nama pengarang ditambah dengan kata et al. Et al menunjukkan jika pengarang tidak sendiri dalam membuat sebuah buku atau jurnal.

Semoga bermanfaat 🙂