Random Questions

We ____ in a Russian class.
We ____ in an English class.
A.
B.
C.
D.
Eliza ____ from Greece. ____ from Poland.
A.
B.
C.
D.

 




Alasan dan penyebab kenapa bahasa Inggris bisa jadi bahasa internasional  


Posts: 84
(@halimah)
Trusted Member
Joined: 2 years ago

Ada ribuan bahasa yang digunakan di dunia ini. Namun ada satu bahasa yang paling banyak digunakan di dalam pergaulan internasional. Apa lagi bahasa yang dimaksud jika bukan bahasa Inggris.

Lantas hal ini dapat menjadi pertanyaan besar bagi kita. Kenapa bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar dan penghubung dunia internasional hingga saat ini? Padahal dapat dikatakan bahwa grammar bahasa Inggris cukup sulit untuk dipelajari. Selain itu kosa kata atau vocabulary yang dimilikinya cukup banyak, baik yang berupa kata kerja (verb), kata benda (noun), kata sifat (adjective), dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa alasannya:

1. Salah Satu Bahasa Tertua di Dunia

Alasan pertama bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yaitu bahasa ini merupakan salah satu bahasa tertua di dunia. Ia berasal dari dataran Britania sekitar abad ke-8. Selain itu, bahasa Inggris juga mempunyai perkembangan kosa kata yang teramat pesat.

Menurut tim peneliti gabungan Harvard University dan Google, setidaknya penambahan kosa kata bahasa Inggris mencapai 8.500 kata pertahun. Kini jumlah total kosa kata bahasa Inggris  telah mencapai angka 1.022.000 kata. Ini merupakan suatu jumlah kosa kata yang jauh lebih banyak negara kita.

Menurut Pusat Bahasa Kemendikbud, kosa kata yang dimiliki bahasa Indonesia hanya berkisar 91.000 kosa kata. Faktanya, perkembangan jumlah kosa kata dalam suatu bahasa menjadi salah satu patokan layak atau tidaknya sebuah bahasa digunakan sebagai bahasa internasional. Unsur bahasa daerah tidak turut diperhitungkan dalam hal ini.

2. Negara Inggris Merupakan Negara Maju

Alasan kedua bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yaitu negara Inggris dan negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya merupakan negara maju.

Hal ini dapat terlihat dari inovasi dan penyebaran ilmu pengetahuan yang banyak dilakukan oleh  negara-negara barat seperti Inggris, Amerika Serikat, dan Australia. Oleh karena itu, rasanya menguasai bahasa Inggris menjadi wajib jika kita ingin mengikut perkembangan ilmu dan teknologi.

3. Negara dengan Wilayah Jajahan Paling Banyak di Dunia

Alasan terakhir yang dibahas dalam kesempatan ini ialah negara Inggris merupakan salah satu negara yang memiliki wilayah jajahan terbanyak di dunia. Oleh karena itu, bahasa Inggris dirasa sangat familiar dan banyak digunakan di berbagai negara, terutama negara bekas jajahan Inggris.